Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeNewsPelaku UMKM Didorong Manfaatkan Digital Marketing

Pelaku UMKM Didorong Manfaatkan Digital Marketing

bernasnews.com – Pandemi Covid-19 membuat sejumlah sektor terdampak. Salah satunya yang terdampak yakni sektor perekonomian. Berbagai upaya dilakukan agar perekonomian mulai bangkit. Salah satunya dengan kegiatan Pujafest (Prambanan UMKM Java Festival) 2022.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yoana Rohma Astuti mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam membangkitkan perekonomian dengan melalui UMKM.

“Kemenparekraf selalu mendorong kegiatan seperti ini sehingga para pelaku ekonomi kreatif termasuk kuliner, kriya serta fashion benar-benar dapat meningkatkan omsetnya,” ungkap Yoana, Kamis, (4/8/2022).

Yoana juga mengatakan bahwa selama masa Pandemi Covid-19, UMKM memiliki kontribusi cukup tinggi untuk perekonomian Indonesia.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa UMKM ini paling tangguh selama masa krisis. Semangat kontribusinya sampai 61%,” jelas Yoana.

Tidak hanya itu saja, Yoana juga berharap nantinya dengan adanya kegiatan yang dilakukan di obyek wisata mampu menambah pendapat yang lebih banyak lagi.

“Saya berharap semoga acara ini dapat dihadiri khalayak umum, pengunjungnya sangat banyak, stand yang ada disini cukup banyak mendapat exposure atau transaksi yang menjadi besar,” harap Yoana.

Selain itu, Yoana juga menjelaskan bahwa peran promosi dengan digital marketing bagi pelaku UMKM juga sudah mulai diperlukan.

“Mungkin nanti kedepan kita bisa bantu promosi dengan digital marketing. Karena jaman sekarang digital marketing menjadi sarana yang paling efektif,” lanjut Yoana.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan bahwa kegiatan seperti ini dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk melakukan promosi prodak unggulan yang dimiliki kepada masyarakat luas.

“Penyelenggaraan Prambanan UMKM melalui Java Festival ini wajib di apresiasi. Karena mampu menjadi wadah promosi bagi para pelaku UMKM ekonomi kreatif,” ungkap Singgih.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yoana Rohma Astuti bersama Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo serta para tamu undangan Pujafest 2022. Foto: Eva.

Kemudian Ketua Panitia, Taufan Ahmad mengatakan bahwa kegiatan Pujafest adalah kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan di Candi Prambanan.

“Kegiatan tahunan yang dilaksanakan di Candi Prambanan sebagai wadah promosi jual beli dan wadah yang efektif dalam rangka membantu teman-teman UMKM di Indonesia khusunya di wilayah Jawa Tengah dan DIY,” ucap Taufan.

Sebagai informasi, kegiatan Pujafest ini diikuti oleh 78 pelaku UMKM dari DIY dan Jawa Tengah. (Eva)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments