Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPelaku Pelemparan Kereta Api di Sragen Diamankan Petugas

Pelaku Pelemparan Kereta Api di Sragen Diamankan Petugas

bernasnews.com – Sebanyak 4 pelaku pelemparan kereta api dengan batu yang terjadi di jalan antara Stasiun Masaran dan Stasiun Sragen diamankan oleh Petugas PT KAI Daop 6. Berdasarkan keterangan, didapati usia para pelaku pelemparan kereta api yakni 8-12 tahun. Usai penangkapan itu mereka lantar berkoordinasi dengan Polsek Setempat.

“Usia para pelaku pelemparan mulai 8 tahun hingga 12 tahun. Karena tindakan tersebut sangat membahayakan dan untuk memberikan efek jera, maka kami segera berkoordinasi dengan Polsek Masaran, Sragen,” tutur Supriyanto, Manajer Humas KAI Daop 6.

Karena pelaku masih anak-anak, pihaknya berkoordinasi dengan Polsek Masaran, Sragen untuk memberikan sanksi. Keempat anak tersebut diberi pembinaan dan diminta untuk membuat surat pernyataan.

Adapun Hukuman pidana atas aksi pelemparan terhadap kereta api telah diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Bab VII. Di situ tertulis bahwa barang siapa dengan sengaja menimbulkan bahaya bagi lalu lintas umum, yang digerakkan oleh tenaga uap atau kekuatan mesin lain di jalan kereta api atau trem, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun.

“Jadi kami tegaskan bahwa perbuatan tersebut termasuk kategori sangat membahayakan dan melanggar hukum,” jelas Supriyanto.

Ia mengungkapkan di pasal yang sama pada ayat kedua, jika perbuatan itu mengakibatkan seseorang meninggal, maka pelaku terancam penjara seumur hidup atau pidana penjara selama waktu tertentu paling lama 20 tahun.
Selain itu larangan pelemparan terhadap kereta api juga telah diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Pihaknya mengimbau agar kejadian ini tidak terulang.

“Jalur KA bukanlah tempat bermain. Mungkin karena keasikan bermain, seringkali berujung maut. Kami mengimbau agar tidak ada lagi pelemparan kereta. Setiap upaya perusakan sarana kereta api akan ditindak tegas melalui jalur hukum,” pungkasnya. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments