Home News Pelaksanaan E-Voting Pilurdes Kabupaten Sleman, Kapanewon Gamping Berlangsung Tertib dan Mandali

Pelaksanaan E-Voting Pilurdes Kabupaten Sleman, Kapanewon Gamping Berlangsung Tertib dan Mandali

419
0
Pelaksanaan E-Voting Pilurdes Sleman 2020 diselenggarakan serentak, Minggu (20/12/2020), di 49 Desa di 17 Kapanewon se-Kabupaten Sleman. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Kabupaten Sleman laksanakan Pemilihan Lurah Desa (Pilurdes) dengan cara E-Voting atau digital, Minggu (20/12/2020), pukul 08:00 – 14:00 WIB, secara serentak di 49 Kelurahan yang terbagi dalam 17 Kapanewon se-Kabupaten Sleman, DIY.

Sesuai dengan protokol kesehatan setiap calon pemilih sebelum masuk ke Tempat Pemungutan Suara wajib memakai masker dan harus cuci tangan di tempat yang telah disediakan oleh panitia. (Nuning Harginingsih/ Bernasnws.com)

Penyelenggaraan Pilurdes E-Voting di Kabupaten Sleman ini, sebagai pilot project dan kali pertamanya di DIY, dengan melibatkan sejumlah 1.125 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Kabupaten Sleman. Salah satunya adalah Kapanewon Gamping yang terdiri 2 desa, Desa Balecatur dan Desa Bayuraden.

Para Petugas TPS lengkap dengan kaos tangan, masker dan facshield dalam melaksanakan tugasnya. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Sementara Desa Balecatur terdapat 5 calon lurah (1 wanita dan 4 pria), Desa Banyuraden 2 calon lurah dan laki-laki semuanya. Kelurahan Balecatur terdapat 26 TPS, dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 17.400 orang, untuk TPS paling banyak  adalah Dusun Pereng Dawe dengan DPT berjumlah 815 orang.

Suasan penghitungan suara Pilurdes 2020, di Kantor Kalurahan Balecatur, Kapanewon Gamping, Sleman, Minggu (20/12/2020). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

“Dari antusias warga yang kami pantau di lapangan sepertinya sudah tidak ada kendala, hanya sedikit kendalanya pada perangkat di beberapa TPS. Namun semua bisa diatasi dengan baik. Di Kapanewon Gamping pemilihan lurah berlangsung tertib, aman dan terkendali,” ungkap Panewu Gamping Ikhsan, kepada Bernasnews.com, di sela-sela pemantauan Pilurdes.

Sebagaimana dalam proses perhitungan suara di Desa Balecatur, yang terdiri 5 calon lurah, calon lurah nomor urut 5. Andri Septiyanto mendapatkan suara terbanyak sejumlah 5.113 suara, mengalahkan 4 calon lurah lainnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here