Home News PDI Perjuangan DIY Mengadakan Latihan Penanganan Bencana

PDI Perjuangan DIY Mengadakan Latihan Penanganan Bencana

265
0
Para personil yang berpartisipasi dalam latihan atau simulasi penanganan bencana yang diadakan DPD PDI Perjuangan DIY bersama Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan DIY di Kantor DPD DIY pada Sabtu, 29 Mei 2021. Latihan melibatkan Pengurus DPD, Pengurus BAGUNA, Personil Lapangan BAGUNA, Satgas Partai, Pengurus PAC, masyarakat sekitar Kantor DPD PDI Perjuangan DIY dan pihak Rumah Sakit Nur Rohmah Gunung Kidul. Foto : Dok DPD PDI Perjuangan DIY

BERNASNEWS.COM – DPD PDI Perjuangan DIY bersama Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan DIY mengadakan latihan atau simulasi penanganan bencana, terutama bencana gempa bumi. Simulasi ini dilaksanakan di Kantor DPD PDI Perjuangan DIY Sabtu, 29 Mei 2021, dengan melibatkan Pengurus DPD, Pengurus BAGUNA, Personil Lapangan BAGUNA, Satgas Partai, Pengurus PAC, masyarakat sekitar Kantor DPD PDI Perjuangan DIY bekerja sama dengan pihak Rumah Sakit Nur Rohmah Gunung Kidul.

”Kesadaran dan kesiapsiagaan semacam ini penting untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa saat terjadi bencana alam. Sebab kita sudah dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam menghadapi bencana,” ungkap dr Retno Handayani PD, Kepala BAGUNA PDI Perjuangan DIY, dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Sabtu 29 Mei 2021.

Sebagian personil yang mengikuti simulasi penanganan bencana yang diadakan DPD PDI Perjuangan DIY bersama Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan DIY di Kantor DPD DIY pada Sabtu, 29 Mei 2021. Foto : Dok DPD PDI Perjuangan DIY

Dikatakan, kegiatan ini dilakukan atas Perintah Harian Ketua Umum Partai DPP PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana. Selain itu juga dilandasi kesadaran bahwa DIY merupakan daerah yang sangat rawan bencana di mana di wilayah DIY terletak Gunung Merapi yang merupakan gunung paling aktif di dunia yang masih sering membawa bencana ketika aktifitasnya meningkat.

Selain itu, DIY juga merupakan kawasan rawan gempa, seperti gempa besar yang terjadi pada 27 Mei 2006 yang menimbulkan ribuan korban jiwa manusia dan kerugian harta benda.

Penanganan korban dalam simulasi penanganan bencana yang diadakan DPD PDI Perjuangan DIY bersama Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan DIY di Kantor DPD DIY pada Sabtu, 29 Mei 2021. Foto : Dok DPD PDI Perjuangan DIY.

Menurut Retno Handayani, kegiatan simulasi penanganan bencana ini juga dilaksanakan di seluruh DPC PDI Perjuangan kabupaten dan kota di wilayah DIY. Direncanakan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin setiap tanggal 26 tiap bulan untuk meningkatkan kesadaran, kesiapsiagaan dan ketrampilan dalam menghadapi bencana.

Retno Handayani mengatakan bahwa mitigasi bencana termasuk kegiatan simulasi penanganan bencana seperti ini sangat penting, tidak hanya di DIY tapi juga di seluruh Indonesia. Hal ini mengingat letak Indonesia yang berada pada jalur gunung berapi dunia (ring of fire) dan pertemuan tiga lempeng tektonik yang berpotensi menyebabkan gempa bumi vulkanik dan tektonik dari skala kecil hingga besar.

Sejumlah personil melakukan briefing dalam simulasi penanganan bencana yang diadakan DPD PDI Perjuangan DIY bersama Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan DIY di Kantor DPD DIY pada Sabtu, 29 Mei 2021. Foto : Dok DPD PDI Perjuangan DIY.

“Hal ini juga membuat DPD PDI Perjuangan DIY bersama Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan DIY merasa perlu mengadakan latihan atau simulasi penanganan bencana terutama bencana gempa bumi,” kata Retno Handayani. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here