Home News PDAM Tirta Sembada Sleman Raih Paritrana Award 2020

PDAM Tirta Sembada Sleman Raih Paritrana Award 2020

122
0
PDAM Tirta Sembada Sleman meraih penghargaan Paritrana Award 2020 untuk kategori Badan Usaha Skala Menengah dari BPJS Ketenagakerjaan, Rabu (29/9/2021). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Badan Usaha Milik Daerah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Sleman kembali meraih prestasi. Kali ini PDAM Tirta Sembada Sleman meraih penghargaan Paritrana Award 2020 untuk kategori Badan Usaha Skala Menengah.

Paritrana Award merupakan ajang apresiasi kepada pemerintah daerah dan para pelaku usaha yang memiliki komitmen serta dukungan terhadap pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan. Tahun ini, Paritrana Award telah memasuki tahun keempat dan diikuti oleh 34 provinsi, 514 Kabupaten/Kota, 143 Badan Usaha Skala Besar, 157 Badan Usaha Skala Menengah dan 34 UKM yang mewakili tiap provinsi.

Penyerahan penghargaan secara simbolis diselenggarakan, Rabu (29/9/2021), di Pendopo Parasamya Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman yang dihadiri langsung oleh Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jateng dan DIY, Suwilwan Rachmat.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jateng dan DIY Suwilwan Rachmat dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Paritrana Award ini sudah dilaksanakan dari tahun 2017, pada tahun 2020 merupakan edisi keempat dalam penyeleneggaraanya.

Lebih lanjut, Suwilwan menuturkan bahwa penghargaan yang diraih PDAM Tirta Sembada Sleman merupakan penghargaan yang diberikan untuk kategori Provinsi, kategori Kabupaten/ Kota, Perusahaan besar, Perusahaan menengah dan kategori mikro.

“Dalam kategori perusahaan menengah, PDAM Tirta Sembada Sleman ini meraih juara pertama. PDAM Tirta Sembada Sleman sangat komit dalam melindungi karyawannya. Tentu hal ini menjadi motivasi juga buat kami dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Sleman,” ungkap Suwilwan.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo didampingi Wakil Bupati Danang Maharsa secara simbolis menerima plakat Paritrana Award 2020. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa penghargaan ini menunjukkan kepedulian PDAM Tirta Sembada dalam mendukung program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. “Penghargaan Paritrana Award ini merupakan wujud apresiasi kepada para pihak yang telah tertib administrasi dalam memberikan perlindungan jaminan sosial bagi tenaga kerjanya,” ujarnya.

Dikatakan, jaminan sosial ketenagakerjaan memiliki arti penting dalam meningkatkan kesejahteraan para pekerja. Adanya Anugrah Paritrana Award ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dari pemerintah dan pemberi kerja akan pentingya jaminan sosial.

“Pemerintah dan pemberi kerja berperan penting dalam pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di setiap daerah. Pemerintah berperan penting dalam menerbitkan regulasi. Sedangkan pemberi kerja juga berperan penting melalui komitmennya untuk mendaftarkan seluruh tenaga kerja,” kata Kustini.

Dalam kegiatan tersebut  BPJS Ketenagakerjaan juga menyampaikan secara simbolis santunan Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT) kepada ahli waris. Selain itu juga dalam kegiatan tersebut diserahkan bantuan yang merupakan program CSR PDAM Sleman kepada Tenaga Pendidik PAUD se-Kabupaten Sleman sebanyak 700 TK dan CSR kepada relawan Covid 19 Kalurahan sebanyak 50 orang. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here