Home News PDAM Se DIY, Purworejo dan Kebumen Gelar Diskusi Pelaksanaan SPAM

PDAM Se DIY, Purworejo dan Kebumen Gelar Diskusi Pelaksanaan SPAM

418
0
Peserta forum diskusi bersama sesama tukang ledeng penerima manfaat SPAM Regional. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Dalam rangka optimalisasi sekaligus percepatan penyerapan dalam pelaksanaan SPAM Regional maupun SPAM Lokal. Penerima manfaat SPAM Regional Kartamantul (Perumda Air Minum Yogyakarta, Sleman, dan Bantul) dan penerima manfaat SPAM Regional Keburejo (Perumda Air Minum Kebumen dan Purworejo) menyelenggarakan silaturrahim dan diskusi bersama, Jumat (3/9/2021), bertempat di Ruang Aroengbinang 2 Kantor Pusat Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa, Kebumen, Jawa Tengah.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen, Zein Musta’in, SE, MM, PFM saat menyampaikan paparan dalam acara sharing dan diskusi. (Foto: Istimewa)

Dalam pertemuan ini disepakati membuat forum diskusi bersama sesama tukang ledeng penerima manfaat SPAM Regional. Forum diskusi dan silaturrahim ini dihadiri oleh Direktur Perumda Air Minum Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, ST, M.Si; Direktur Perumda Air Minum Tirta Projotamansari Kabupaten Bantul, Arinto Hendro Budiantoro, SE; Direktur PDAM Tirta Sembada Kabupaten Sleman, Dwi Nurwata, SE, MM; Direktur Perumda Air Minum Tirtamarta Yogyakarta,  Majiya, SE, MM; Direktur Perumda Air Minum Tirta Handayani, H. Toto Sugiharta, S.TP; Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulonprogo, H. Jumantoro, SE; Direktur Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen, Zein Musta’in, SE, MM, PFM, serta para Kepala Bagian.

Suasana sharing dan diskusi Pelaksanaan SPAM Lokal dan SPAM Regional. (Foto: Istimewa)

Direktur Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen, Zein Musta’in, yang didampingi Kepala Bagian Teknik, Keuangan, Hublang dan Umum mengatakan, bahwa sebagai sesama pengguna atau penerima manfaat SPAM Regional, perlu adanya suatu forum diskusi untuk saling berbagi pengalaman dalam pelaksanaan SPAM Regional.

Forum diskusi tersebut juga dimanfaatkan untuk bersama-sama membahas berbagai permasalahan maupun tantangan dalam pelaksanaan SPAM Regional yang dihadapi Perumda Air Minum/ PDAM saat ini hingga tahun-tahun mendatang termasuk juga masalah penyerapan Sambungan Rumah (SR) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Beberapa hal yang dibahas dalam forum tersebut antara lain mengenai kualitas air, tarif air curah, pelayanan terhadap pelanggan dari hulu sampai hilir, biaya produksi dibanding biaya air curah, pemeliharaan jaringan, flushing dan kebocoran serta tingginya investasi yang berdampak pada kenaikan biaya penyusutan.

Dikarenakan hal tersebut diatas mempengaruhi kinerja Perumda Air Minum/PDAM secara keseluruhan khususnya mengenai tarif air curah SPAM Regional, maka disepakati bersama oleh peserta yang hadir untuk dilakukan bedah tarif SPAM Regional dengan menghadirkan beberapa narasumber antara lain BPKP, Ditjen Air Minum, Perpamsi serta Kantor Akuntan Publik (KAP).

Penerima manfaat SPAM Regional Kartamantul (Perumda Air Minum Yogyakarta, Sleman, dan Bantul) dan penerima manfaat SPAM Regional Keburejo (Perumda Air Minum Kebumen dan Purworejo) menyelenggarakan silaturrahim dan diskusi bersama, Jumat (3/9/2021). Foto: Istimewa

Selain diisi dengan diskusi dan sharing, kegiatan ini juga sekaligus sebagai wadah untuk menjalin silaturrahim sesama tukang ledeng Perumda Air Minum/ PDAM se-DIY, Purworejo dan Kebumen. Dengan adanya forum diskusi ini diharapkan Perumda Air Minum/ PDAM dapat saling memberikan inspirasi dan solusi atas permasalahan maupun tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan SPAM Regional maupun SPAM Lokal.

“Disamping itu, koordinasi yang baik ini juga diharapkan dapat mendorong Perumda Air Minum/ PDAM menjadi semakin maju dalam menyediakan pelayanan air minum bagi masyarakat.” ungkap Zein Musta’in, melalui rilis yang dikirim ke Bernasnews.com.

Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentos PDAM se-DIY dan Purworejo yang telah berkenan hadir. Kegiatan ini tentunya dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran virus COVID-19.

Segenap Direksi, Karyawan serta stakeholders Perumda Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen siap untuk terus berupaya meningkatkan kinerja perusahaan sehingga semakin maju usahanya dan lebih baik pelayanannya.

“Adanya pandemi COVID-19 tidak boleh menyurutkan langkah kita untuk terus memajukan perusahaan dan melayani masyarakat. Selain itu, kita juga harus optimis pandemi ini akan segera berakhir ” pungkas Zein Musta’in. (Nuning)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here