Home Seni Budaya PBBN Dorong Budaya dan Busana Nusantara Semakin Dikenal dan Dicintai

PBBN Dorong Budaya dan Busana Nusantara Semakin Dikenal dan Dicintai

511
0
Sebagian anggota PBBN yang dalam banyak kegiatan tampil berbusana Nusantara. Foto : Kiriman YB Margantoro

BERNASNEWS.COM – Komunitas Pecinta Budaya dan Busana Nusantara (PBBN) mendorong budaya dan busana Nusantara agar semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat terutama generasi muda. Hal ini menjadi visi berdirinya Komunitas Pecinta Budaya dan Busana Nusantara (PBBN) yang berdiri pada 2 Juni 2021. PBBN yang memiliki anggota 35 orang ini sedang mempersiapkan diri untuk melaksanakan bakti sosial pada Hari Ibu 22 Desember 2021 kepada pengemudi becak dan tukang sampah.

“Awalnya, saya merasa prihatin dengan budaya Nusantara yang semakin mengalami distorsi dan sebagian generasi milenial semakin tidak mengenal budaya sendiri. Untuk itu, saya tergerak untuk membuat suatu gerakan sederhana dan dapat saya lakukan yaitu membuat komunitas ‘Pecinta Budaya dan Busana Nusantara’ yang cakupannya lintas gender, lintas suku dan lintas agama. Untuk mewujudkan visi komunitas ini memang butuh keberanian dan perjuangan yang keras,” kata Founder Komunitas PBBN Tutik Purwati dalam wawancara melalui watshaap di Yogyakarta, Kamis (9/12/2021).

Founder Komunitas PBBN Tutik Purwati bersama GKR Mangkubumi. (Foto : Komunitas PBBN)

Menurut ibu yang antara lain aktif di organisasi Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) DPD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini, misi PBBN adalah Nguri-uri Budaya Nusantara, mempromosikan Budaya Nusantara, mempraktekkan Budaya Nusantara, menggali Budaya Nusantara dan mengenalkan Budaya Nusantara kepada generasi muda.

Kegiatan yang dilakukan PBBN selalu menggunakan budaya Nusantara di setiap aktivitas baik yang formal maupun informal, memahami dan belajar seni tari Nusantara, belajar musik Angklung, belajar line dance dengan iringan lagu-lagu Nusantara, belajar ngadi saliro ngadi busana dan olahraga sepeda dengan mengenakan kain dan kebaya.

“Ketika line dance pun, kami juga tetap berkain dan berkebaya,” kata Tutik Purwati, seraya menambahkan beberapa prestasi PBBN.

PBBN bermain musik angklung bersama Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto : Dok Komunitas PBBN

Prestasi komunitas ini antara lain tampil dengan musik Angklung di depan Ketua DPR RI Puan Maharani, bermain musik dan tari secara rutin di Jawir Hotel Brongto Yogyakarta, dan diskusi tentang budaya bersama GKR Mangkubumi. Untuk jadwal terdekat kegiatan di Jawir Hotel Brongto, Jalan Suryodiningratan Nomor 26 Yogyakarta pada tanggal 17 Desember 2021 pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Ditanya tentang momentum Hari Ibu 22 Desember, Tutik Purwati yang juga Koordinator Sekretariat Bersama Ormas Katolik ini dengan tegas mengatakan, “Bersama ibu hebat akan tercipta keluarga sehat dan ekonomi yang kuat. Perempuan berdaya, Negara jaya.” (YB Margantoro, Pegiat Literasi)     

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here