Home Pendidikan Para Juara Lomba Desain Poster Hari Aksara Nasional Menerima Hadiah

Para Juara Lomba Desain Poster Hari Aksara Nasional Menerima Hadiah

699
0
Para juara lomba Hari Aksara Nasional (HAN) yang diadakan Perpustakaan Amarta MAN 5 Sleman, 8 September 2020, foto bersama Kepala MAN 5 Sleman Drs Aris Fuad (ketiga dari kiri) dan Kepala Perpustakaan Amarta Nur Widayati SPd MSc (kiri) usai menerima hadiah di Perpustakaan Amarta, Senin (14/9/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Untuk memperingati dan menyemarakkan Hari Aksara Nasional (HAN), 8 September, Perpustakaan Amarta MAN 5 Sleman menggelar Lomba Desain Poster untuk seluruh siswa dengan tema Meningkatkan Minat Baca dan Kunjungan ke Perpustakaan. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, para siswa mendesain poster di rumah dan mengirimkan hasil karyanya melalui surat elektronik Perpustakaan Amarta.

Kompetisi yang memperebutkan total hadiah Rp 500.000 tersebut ternyata mendapat sambutan besar dari para siswa. Tercatat, masing-masing kelas hampir mengirimkan karyanya lebih dari satu poster. Setelah melalui proses penjurian yang ketat, terpilih tiga pemenang.

Jjuara pertama Zidhan Nugraha Ramadhan dari kelas XII IPS 1, disusul Hafida Nur Aziza dari kelas XII IPS 1 sebagai juara II dan Anisa Nur Wardani menjadi juara ketiga dalam perlombaan tersebut. Para juara diundang hadir ke Perpustakaan Amarta untuk menerima hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang pembinaan pada Senin (14/09). Hadiah tersebut langsung diserahkan oleh kepala MAN 5 Sleman Drs Aris Fuad.

Kepala MAN 5 Sleman Drs Aris Fuad Para menyerahkan hadiah kepada para juara lomba Hari Aksara Nasional (HAN) yang diadakan Perpustakaan Amarta MAN 5 Sleman, 8 September 2020, Perpustakaan Amarta, Senin (14/9/2020). Foto : Istimewa

Melihat poster juara I dengan kalimat Berilah Makan Otakmu, Walau Zaman Sudah Maju, Ayo Bebaskan Indonesia dari Buta Aksara dalam desain warna coklat dan gambar sebuah wayang memberikan renungan untuk kita, bahwa akhir-akhir ini masyarakat cenderung lupa memberi asupan yang “bergizi” untuk otak/  pikirannya. Terbukti, banyak kabar yang tidak tahu kebenarannya (hoax) bermunculan mulai dari grup-grup whatssap, situs berita abal-abal atau di jejaring sosial lainnya. Hal tersebut karena rendahnya nilai literasi oleh para pembuat konten hoax atau kita sebagai pembaca yang mudah percaya begitu saja dan tidak bisa memilah serta menyaring informasi yang benar.

Dengan membuat poster yang isinya ajakan untuk banyak membaca, Hafida, sang runner up mengutip perkataan Imam Syafii bahwa ‘jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan’. Ia ingin menjadi orang yang sukses, maka ia harus banyak membaca dan belajar.

Kepala MAN 5 Sleman Drs Aris Fuad Para menyerahkan hadiah kepada para juara lomba Hari Aksara Nasional (HAN) yang diadakan Perpustakaan Amarta MAN 5 Sleman, 8 September 2020, Perpustakaan Amarta, Senin (14/9/2020). Foto : Istimewa

Di tengah-tengah acara penyerahan hadiah, Aris Fuad menuturkan bahwa pada era yang serba digital ini, banyak anak muda zaman now yang mulai meninggalkan minat literasi. Jika semakin lama hal ini dibiarkan akan menjadi penyebab menurunnya produktivitas manusia. Maka melalui perpustakaan yang dikemas dengan baik dan menarik, dengan kompetisi ini semoga para siswa khususnya MAN 5 Sleman lebih mencintai budaya literasi.

Nur Widayati SPd MSc, Kepala Perpustakaan Amarta, menuturkan bahwa perpustakaan adalah tempat yang paling tepat untuk meningkatkan minat baca tulis. Di perpustakaan Amarta disediakan banyak sumber literasi yang bisa diakses seluruh siswa baik berupa buku fiksi maupun non fiksi, surat kabar, tabloid, kamus, dan masih banyak lagi dalam bentuk cetak maupun digital.

Ruangan Perpustakaan Amarta pun didesain semenarik mungkin agar para pengunjung betah dan nyaman di perpustakaan. Terbukti, sebelum masa pandemi ini, Perpustakaan Amarta tidak pernah sepi oleh pengunjung. Tidak hanya waktu istirahat saja, ruangan perpustakaan pun kerap digunakan untuk kegiatan belajar mengajar maupun ekstrakulikuler.

Ke depan, Nur Widayati berharap, perpustakaan Amarta tetap menjadi tempat terfavorit para siswa untuk mengeksplore diri dengan dunia literasi. Ia menambahkan, pihaknya beserta para petugas perpustakaan akan lebih memberikan pelayanan yang terbaik dengan inovasi sesuai perkembangan zaman. (Fathna Sa’adati Choliliyah SS, Guru MAN 5 Sleman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here