Home News Papua, Surga Kecil yang Jatuh ke Bumi

Papua, Surga Kecil yang Jatuh ke Bumi

195
0
Burung Cendrawasih, salah satu keindahan Papua. Foto: Tangkapan layar video di IG @jokowi, Minggu (3/10/2021).

BERNASNEWS.COM – Papua digambarkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai surga kecil yang jatuh ke bumi. Gambaran itu memang tidak berlebihan bila melihat keindahan Tanah Papua yang begitu indah dan kekayaan alam yang luar biasa melimpah.

“PON XX Papua 2021 dibuka semalam dengan diawali pertunjukan seni yang sungguh menghibur dan menggetarkan oleh para seniman dan penyanyi Papua. Lagu Tanah Papua yang dibawakan oleh Edo Kondologit, Michael Jakarimilena dan Nowela Elizabeth Auparay benar-benar menjadi gambaran Papua yang sebenarnya: Tanah Papua, Surga Kecil Jatuh ke Bumi,” tulis Presiden Joko Widodo dikutip Bernasnews.com dari Instagram @jokowi yang diunggah pada hari Minggu, 3 Oktober 2021.

Salah satu sudut keindahan Tanah Papua. Foto: Tangkapan layar video di IG @jokowi, Minggu (3/10/2021

Saking indah dan menghiburnya seremonial pembukaan pesta olahraga terbesar di Tanah Air itu, sampai-sampai seorang warganet mengaku belum bisa move on dari acara pembukaan PON tersebut. “belum bisa move on dari acara pembukaan semalem,” tulis Diartama Kubon di akun Instgramnya @tutkubon mengomentari tulisan Presiden Jokowi di akun instagramnya.

Razaini Taher, seorang wartawan senior dalam tulisannya berjudul Pon XX Papua 2021, Looking Eastward: Torang Bisa yang dikirim kepada Bernasnews.com pada Sabtu, 2 Oktober 2021, mengaku teringat sub-tema Cap Go Meh Bogor tahun 2020 lalu berjudul: Looking Eastward, Melihat ke Timur.

Kompleks Stadion Lukas Enembe Papua, tempat pembukaan PON XX Papua 2021, Sabtu (2/10/2021). Foto: Tangkapan layar video di IG @jokowi, Minggu (3/10/2021

“Lihatlah betapa indahnya Indonesia bagian timur itu. Baik budaya maupun alamnya. Kenalilah daerah nan terpemanai itu. Mulai hari ini kita akan lebih dekat lagi dengan saudara kita di Papua, melalui penyelenggaraan PON XX tahun 2021,” tulis mantan Pemimpin Harian Bernas ini.

Menurut Icay-sapaan akrab Razaini Taher-keputusan memilih Papua sebagai tempat penyelenggaraan PON XX 2021 bukan tanpa sebab. Inilah pertama kalinya PON diadakan di wilayah Timur Indonesia, di Papua pula.

Nowela, artis nasional asal Papua yang ikut memeriahkan pembukaan PON XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe Papua, Sabtu (2/10/2021). Foto: Tangkapan layar video di IG @jokowi, Minggu (3/10/2021

“Sesungguhnyalah nasionalisme dan persatuan kita diuji saat ini. Jika Indonesia Bagian Barat dan Tengah mampu melakukannya, mengapa Indonesia Bagian Timur tidak? Torang Bisa (Kita Bisa), sebagaimana tersirat dalam judul lagu tema PON XX,” kata Icay.

Edo Kondologit, artis penyanyi nasional asal Papua yang ikut memeriahkan acara pembukaan PON XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe Papua, Sabtu (2/10/2021). Foto: Tangkapan layar video di IG @jokowi, Minggu (3/10/2021

Kesempatan untuk kesetaraan dalam kemampuan menyelenggarakan kegiatan yang bersifat nasional harus kita berikan kepada Papua. Sebaliknya, saatnya pula masyarakat Papua menunjukkan dan membuktikan bahwa mereka mampu memegang kepercayaan tersebut, dengan suksesnya penyelenggaraan PON XX 2021. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here