Home Pariwisata Pantai Laguna Kebumen Destinasi Wisata dan Wilayah Pertahanan Negara

Pantai Laguna Kebumen Destinasi Wisata dan Wilayah Pertahanan Negara

754
0
Jembatan bambu yang melintas di atas hutan mangrove untuk menuju ke Pantai Laguna, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Foto diambil Sabtu (28/12/2019). (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah sangat kaya dengan destinasi atau obyek wisata alamnya, dari wisata alam Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong (GNKK) yang menjadi unggulan hingga bentangan pantainya yang terkenal disebut “Urut Sewu”. Karena saking banyaknya keberadaan pantainya.

Suasana Pantai Laguna, Kebumen dengan gardu pandang dan beberapa gubuk penjual makananan. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Salah satu pantai yang terlihat belum tersentuh secara maksimal oleh Pemkab Kebumen adalah Pantai Laguna. Pantai Laguna yang terletak di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen atau tepatnya sebelah timur dari Kota Kebumen lebih kurang 25 Km. Pantai ini merupakan wilayah pantai sebagai pertahanan negara yang dikuasai oleh TNI dan bersebelahan dengan lahan pertanian warga di sisi sebelah utaranya.

Jembatan Bambu untuk menuju lokasi Pantai Laguna untuk melewatinya pengunjung dikenakan restribusi Rp 2.000 per orang. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Panorama Pantai Laguna lumayan bagus, area menuju pantai sekelilingnya tumbuh hutan bakau (mangrove) dan pantai juga ditumbuhi pohon cemara udang sebagai perindang. Wisatawan yang berkunjung dan masuk menuju pantai melewati jembatan bambu yang melintas di atas sungai, menambah sensasi tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Pohon Cemara Udang sebagai perindang Pantai Laguna, Kebumen. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Hanya sayang sebagai distinasi wisata fasilitas pendukung di Pantai Laguna masih belum dikelola sepenuh hati. Seperti toilet, kamar mandi, dan mushola dibangun sangat sederhana (bukan permanen). Dan ini terkait fungsi pantai sebagai sarana pertahanan negara, bahwa berdasar ketentuan dari TNI wilayah pantai tersebut dilarang ada bangunan permanen.

Wahana kolam renang anak-anak di Pantai Laguna, Kebumen. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporwisata) Kabupaten Kebumen H. Azam Fatoni, SH, MSi, Sabtu (28/12/2019), saat ditemui oleh Bernasnews.com di tempat terpisah di sebuah resto dalam rangka libur natal dan tahun baru (nataru).

“Sebagai distinasi wisata Pantai Laguna oleh Pemkab Kebumen akan dibenahi dan menjadi perhatian guna mendukung pariwisata. Namun tetap menjaga pantai tersebut sebagai wilayah untuk pertahanan negara NKRI yang telah diamanatkan kepada TNI,” tegas Azam.

Tampak wisatawan dari luar Kabupaten Kebumen berkunjung ke Pantai Laguna, Sabtu (28/12/2019). Foto: Nuning Harginingsih.

Sementara bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Laguna, Kebumen biaya masuk masih relatif sangat murah hanya Rp 3.000 per orang dan ditambah biaya restribusi untuk melalui jembatan bambu sebesar Rp 2.000 per orang. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here