Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPantai Jatimalang, Kekinian Lebih Dikenal Disebut Pantai Dewa Ruci

Pantai Jatimalang, Kekinian Lebih Dikenal Disebut Pantai Dewa Ruci

bernasnews.com – Pantai Dewa Ruci itu letaknya di mana mungkin agak bingung dan dikiranya berada di Pulau Bali, namun lain halnya kalau menyebutnya Pantai Jatimalang  orang akan capat paham, bahwa letak pantai tersebut berada di Kecamatan Purwoadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

“Saya baru bekunjung kali ini setelah berganti sebutan menjadi Pantai Dewa Ruci. Berarti sudah cukup lama sekali nggak ke sini, dulu juga belum teratur seperti sekarang,” ungkap Yoyok Suhartoyo, wisatawan yang berasal dari Kota Yogyakarta, saat ditemui bernasnews.com, Sabtu (26/3/2022), di lokasi.

Patung Dewa Ruci bagian dari cerita Mahabarata versi Jawa berupa sosok Bima Sena sedang dililit ular naga setinggi 6 meter ini menjadi spot foto favorit bagi pengunjung, Sabtu (26/3/2022). Foto: Tedy Kartyadi/ bernasnews.com.

Pantai Dewa Ruci merupakan sebutan baru Pantai Jatimalang, yang nama sebelumnya berkesan kurang ‘menjual’ sebagai distinasi wisata kekinian. Bibir pantai berpasir putih kehitaman ini mendapat sebutan nama baru semenjak diresmikan patung setinggi 6 meter berupa tokoh Bima sedang dibelit oleh seekor naga.

“Bergantinya nama atau sebutan juga dilakukan pada beberapa pantai di wilayah Kabupaten Bantul, DIY. Itu bagus menurut saya, asalkan juga dihadirkan sesuatu yang baru di pantai itu,” kata Yoyok, yang memiliki hobby touring memakai sepeda motor.

Salah satu lapak sewa motor ATV yang berada di Pantai Dewa Ruci (Pantai Jatimalang), Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. (Tedy Kartyadi/ bernasnews.com)

Menurut sumber, bahwa patung tersebut merupakan mahakarya seniman patung dari Muntilan, Jawa Tengah yang berdarah Bali, bernama Nyoman Alit. Dewa Ruci sendiri adalah salah satu episode cerita wayang seri Mahabarata dalam versi Jawa, yaitu sebuah cerita yang mengkisahkan Bima putra Pandu mendapat tugas mencari air Perwitasari, air kehidupan.

Pembangunan plaza Jatimalang berikut patung Dewa Ruci ini, diresmikan oleh Bupati Purworejo H. Agus Bastian, SE, MM, dua tahun lalu, tepatnya pada tanggal, 27 Februari 2022. Tempat ini menjadi tujuan utama para wisatawan sebelum menuju ke lokasi pantai untuk berswafoto (selfie).

Pasangan suami istri wisatawan dari Kota Yogyakarta saat menjajal motor ATV untuk keliling di Pantai Dewa Ruci, Kabupaten Purworejo, Sabtu (26/3/2022). Foto: Tedy Kartyadi/ bernasnews.com.

Jarak Pantai Dewa Ruci ini berkisar kurang dari 10 kilometer atau kurang dari setengah jam dari Bandara YIA, Kabupaten Kulon Progo. Sama seperti kondisi pantai lain di garis pantai selatan, bahwa pantai ini juga tidak direkomendasi untuk mandi atau bermain air.

Selain menikmati pemandangan garis pantai, dengan lautan yang membiru dan terkadang pengunjung dapat melihat perahu-perahu nelayan mencari ikan, bahkan juga bisa melihat dari jauh kapal besar yang melintas di tengah lautan. Juga bisa bermain menyewa motor ATV untuk berputar-putar di sepanjang pantai, atau menimakti sajian kuliner khas produk setempat. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments