Home Pariwisata Pantai Banyu Tibo Pacitan Berhiaskan Air Terjun yang Menawan

Pantai Banyu Tibo Pacitan Berhiaskan Air Terjun yang Menawan

728
0
Pantai Banyu Tibo, Desa Widoro, Kecamatan Donoarjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Kabupaten Pacitan, Jawa Timur sebagai destinasi wisata meskipun mendapat julukan sebagai daerah 1001 goa dikarenakan banyaknya goa-goa alam yang indah dan telah dieksplorasi sebagai obyek wisata, namun juga menyimpan potensi wisata banyak pantai yang menawan.

Salah satu pantai menawan di Kabupaten Pacitan yaitu Pantai Banyu Tibo, pantai ini tereletak di Desa Widoro, Kecamatan Donoarjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur atau lebih kurang 35 kilo meter dari kediaman masa kecil Presiden ke 6 RI SBY. Cukup sulit sebenarnya untuk mencapai lokasi Pantai Banyu Tibo apabila tidak disertai pemandu wisata yang mempunyai pengalaman pernah berkunjung sebelumnya.

Suasana Pantai Banyu Tibo diabadikan, Minggu (1/3/2020), dari atas tebing pantai. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Selain minimnya rambu arah petunjuk menuju pantai, juga banyaknya jalan alternatif menambah bingung apabila mengandalkan Global Positioning System (GPS) dan itu dirasakan betul oleh Bernasnews.com kala mencoba berkunjung ke Pantai Banyu Tibo, Minggu (1/3/2020).

Jalannya menuju memang beraspal cukup halus, berkelak-kelok naik turun bukit terkadang membuat sinyal handphone pun ngadat kendala terbatasnya jaringan. Disarankan untuk memakai kendaraan mobil atau sepeda motor kondisi prima, serta pengendara yang benar-benar handal jika berpapasan dengan mobil lain mengingat kondisi jalan pegunungan.

Daya tarik Pantai Banyu Tibo terkandung dalam sebutan nama dalam bahasa Jawa, Banyu Tibo bermakna air jatuh. Sebab adanya sebuah air terjun dari sunga kecil yang airnya jernih dan tak pernah kering yang iarnya mengalir jatuh ke bibir pantai. Struktur topografi pantai sedikit curam sehingga perlu kehati-hatian.

Salah satu spot foto dengan latar belakang deburan ombak menghangtam tebing yang disukai oleh wisatawan di Pantai Banyu Tibo, Pacitan. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Garis pantai tidak terlalu panjang atau tidak begitu luas karena berada di antara dua sisi tebing, bagi yang ingin menikmati harus turun melalui tangga yang terbuat dari bambu. Apabila air laut sedang pasang sebaiknya untuk menikmati pantai dan pemandangan laut dari atas tebing demi menjaga hal yang tidak diinginkan terjadi.

Jalur untuk menuju Pacitan dari Yogyakarta dapat lebih singkat melalui Wonosari, Playen, Kabupaten Gunungkidul menuju arah Pracimantoro. Atau dari arah Solo melalui Wonogiri ke arah timur. Biaya tiket dan parkir kendaraan di obyek wisata Pantai Banyu Tibo, Pacitan juga masih aman untuk kantong wisatawan nusantara. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here