Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeNewsPangkalan SMK Marsudirini St Fransiskus Semarang Menjadi Tuan Rumah Musppanitera

Pangkalan SMK Marsudirini St Fransiskus Semarang Menjadi Tuan Rumah Musppanitera

BERNASNEWS.COM — Dalam rangka memberi kontribusi bagi Kwartir Ranting (Kwarran) Pedurungan, Pangkalan SMK Marsudirini St Fransiskus Semarang memfasilitasi kegiatan Musyawarah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega puteri putera (Musppanitera) Kwarran Pedurungan, di aula sekolah, Sabtu (26/2/2022).

Kegiatan Musppanitera diawali dengan rapat panitia kecil yang telah diselenggarakan seminggu sebelumnya, di ruang briefing SMK Marsudirini St.Fransiskus, Jalan Wolter Monginsidi, Semarang. Kegiatan itu dihadiri oleh Kak Panggih, Kak Fitri Nur, Kak Ana, dan Pembina Pangkalan St.Fransiskus Kak Nicho dan Kak Fitri sebagai tuan rumah.

Kegiatan  Musppanitera diikuti oleh 21 peserta yang merupakan perwakilan dari penegak dan pandega di Kwarran Pedurungan. Sementara dari Pangkalan SMK Marsudirini St Fransiskus mengirimkan Dewan Ambalan (DA) Soegijapranata sebagai peserta.

Pembukaan Musppanitera yang dihadiri Kak Alexander Nicholas S.Psi Andalan Ranting Penegak Putra Kwarran Pedurungan, Kak Nuryanto Wakil Ketua Bidang Binamuda Kwarran Pedurungan, Kak  Ana Magfiroh Andalan Ranting Penegak Putri Kwarran Pedurungan dan Kak Yohanes Sudarna S.Pd M.M. Kamabigus Pangkalan SMK Marsudirini St Fransiskus, Sabtu, (26/2/2022). Foto: Kiriman Charis anggota Dewan Ambalan Pangkalan SMK St.Fransiskus

Musppanitera kali ini bertujuan  membentuk pengurus inti dan anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) Kwarran Pedurungan. Kegiatan Musppanitera ini dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Binamuda Kwarran Pedurungan Kak Nuryanto, Kak Panggih selaku Sekretaris, Kak Ana dari Andalan Ranting Penegak Putri, Kak Nicho dari Andalan Ranting Penegak Putra yang sekaligus Pembina Pramuka di SMK St.Fransiskus, Kak Matheus, Kak Fitri dan Kak Ina selaku Pembina Pramuka SMK St. Fransiskus.  

Kegiatan Musppanitera diawali dengan sambutan dari Kak Yohanes Sudarna S.Pd M.M. sebagai Kamabigus Pangkalan SMK Marsudirini St Fransiskus, yang dalam sambutan ,enjelaskan jumlah dan makna tepuk pramuka.

“Dalam tepuk pramuka ada 13 tepukan, ternyata mempunyai makna yang mendalam yaitu melambangkan jumlah dari Tri Satya Pramuka (3) dan Dasa Dharma Pramuka (10),” jelas Kak Yohanes.

“Sebagai anggota Pramuka, adik – adik harus senantiasa mengamalkan Tri Satya Pramuka dan Dasa Dharma Pramuka,” pesan Kak Yohanes. Pihaknya juga berpesan secara khusus kepada DA Soegijapranata agar aktif dan selalu menjadi pionir bagi penegak di pangkalan SMK Marsudirini St Fransiskus Semarang.

May Rose Ketua DKR Masa Bakti 2022 – 2025 dari Pangkalan SMK Marsudiri St Fransiskus Semarang memimpin jalannya musyawarah dalam melengkapi Pengurus DKR Kwaran Pedurungan. Sabtu, (26/2/2022). Foto: Kiriman Charis anggota Dewan Ambalan Pangkalan SMK St.Fransiskus

Sementara itu Kak Nuryanto selaku Wakil Ketua Bidang Binamuda Kwarran Pedurungan, dalam sambutannya berpesan Dewan Kerja Ranting (DKR) Kwarran Pedurungan  untuk selalu ingat tanggung jawab utamanya, yaitu untuk menghidupkan Kwarran Pedurungan dengan cara melaksanakan kegiatan-kegiatan pramuka di tingkat Kwarran.

“Sesuai dengan aturan, pengurus Dewan Kerja Ranting (DKR), dipilih dari anggota yang aktif dan minimal telah menjadi Pramuka Penegak Bantara atau Pramuka Pandega,” kata Kak Nur.

Musyawarah dilanjutkan dengan pemilihan ketua DKR, terpilih 4 calon Ketua DKR yaitu May Rose dan Nikolas dari Pangkalan SMK St.Fransiskus serta Yanuar dan Riza dari Pangkalan Poltekkes Semarang. Berdasarkan hasil voting, terpilih May Rose dari pangkalan SMK St Fransiskus  Semarang sebagai Ketua DKR Pedurungan masa bakti 2022 – 2025.

Kegiatan selanjutnya May Rose memimpin musyawarah  dengan memilih Sekretaris, Bendahara, dan 4 Ketua Bidang Kegiatan, yaitu Bidang Kegiatan Kepramukaan, Bidang Kajian Kepramukaan, Bidang Pengabdian masyarakat, dan bidang Evaluasi dan pengembangan. Dan seelum acara diakhiri, ketua terpilih menyampaikan agenda terdekat DKR yaitu Pelantikan Dewan Kerja terpilih yang rencananya akan diadakan diadakan di Pangkalan St. Fransiskus pada tanggal 5 Maret 2022 mendatang. (Matheus Rahwantyo Nugroho, S Pd, Pembina Pramuka Pangkalan SMK Marsudirini St Fransiskus Semarang)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments