Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPandemi Makin Dekatkan ICMI dengan Masyarakat

Pandemi Makin Dekatkan ICMI dengan Masyarakat

bernasnews.com — Pandemi Covid-19 yang mendera masyarakat selama hampir dua tahun (Maret 2020-Maret 2022) menjadikan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) makin dekat dengan masyarakat. Situasi demikian dibentuk oleh kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan pengurus dan anggota organisasi ini dalam bentuk penyaluran bantuan dan pendampingan kepada para penderita Covid-19.

Torehan catatan positif kepengurusan Organisasi wilayah (Orwil) ICMI Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2016-2021 di bawah kepemimpinan Herry Zudianto itu, terungkap dalam rapat tim formatur untuk menyusun kepengurusan periode 2022-2027, Selasa (26/4/2022), di Ruang Rapat Rektor Universitas Widya Mataram (UWM), Yogyakarta.

Kepengurusan yang dikomando Wali Kota Yogyakarta, periode 2001-2006 dan 2006-2011, memasuki demisioner. Ketua Formatur Orwil ICMI DIY Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec bersama anggota tim telah menyusun kepengurusan Orwil ICMI periode 2022-2027, yang dipimpin Prof. Mahfud Sholihin, SE, M.Acc, Ph.D, Ak. Penyusunan kepengurusan tersebut menindaklanjuti hasil Musyawarah Wilayah (muswil) ICMI DIY, Sabtu (19/3/2022).

Ketua Formatur Prof Edy Suandi Hamid menyatakan, penyusunan pengurus baru ICMI 2022-2027 memakan waktu sekitar tiga minggu. Proses mendapat sosok ketua dan pengurus yang sesuai kebutuhan organisasi cendekiawan muslim saat ini menjadikan penyusunan pengurus melalui tahapan yang relatif panjang.

Menurut dia, formatur relatif hati-hati dalam menyusun pengurus baru ICMI karena kepengurusan di bawah Herry Zudianto berjalan sangat baik dan menjadi periode kebangkitan kegiatan organisasi ini.

“Herry Zudianto memimpin ICMI selama lima tahun, mendorong organisasi ini berjalan sangat baik. Kami ingin pengurus baru lebih baik, bisa lebih meningkatkan lagi kinerjanya,” terang Prof Edy.

Sekretaris Orwil ICMI Dr. Trias Setiawati, M.Si menyatakan, bahwa kepengurusan periode lima tahun ke depan telah disusun. “Mereka dari berbagai kalangan, akademi berbagai universitas, tokoh agama, relawan lembaga swadaya masyarakat, praktisi,” ujarnya.

Sebagai ketua periode 2022-2027 Prof. Mahfud Sholihin, akademisi yang tercatat sebagai guru besar Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM). Profil ketua ini sedikit berbeda dengan ketua sebelumnya, Herry Zudianto, yang lebih kental sebagai praktisi pengusaha dan pegiat sosial.

“Kita menamakan kepemimpinan Herry Zudianto sebagai periode kebangkitan Orwil ICMI DIY. Banyak kegiatan sosial-kemasyarakatan dilakukan ICMI periode tersebut,” ujar Trias.

Selama pandemi Covid-19,  Herry Zudianto mendorong organisasi ini terus bergerak, mendekat ke masyarakat. “Kita menyalurkan bantuan peralatan kesehatan untuk mengukur oksigen dalam darah (oximeter) dan berbagai perangkat kesehatan lainnya serta bantuan sosial bentuk lain. Para anggota ICMI juga menjadi sukarelawan pendamping para penderita Corona. Kepengurusan Herry Zudianto menjadi sangat dinamis. Ini menjadi penanda ICMI makin dekat ke masyarakat melalui kegiatan sosialnya.” imbuh Trias.

Pengurus 2022-2027

Susunan kepengurusan Orwil ICMI 2022-2027 sebagai Ketua Dewan Penasihat Sri Sultan Hamengku Buwono X dibantu 14 anggota antara lain Ketua LLDIKTI 5 Yogyakarta Prof Aris Junaidi, Ph.D, GBPH Prabukusumo, GKR Mangkubumi, 11. Herry Zudianto, S.E, M.M. Dewan Pakar sebagai ketua dan sekretaris Prof Edy Suandi Hamid,  dan Dr. Nandang Sutrisno, S.H, L.L.M, dan 14 anggota.

Kemudian pengurus harian sebagai Ketua Mahfud Sholihin, didampingi ketua 1-3  (Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, M, Dr. M.Shofiyullah Muzzamil, S.Ag., M.Ag, Dr. Khamim Zarkasih Putro, M.Si), dan sekretaris Dr. Trias Setiawati, M.Si. Kepengusan tersebut diperkuat oleh sembilan departemen yang dipimpin oleh ketua setiap departemen. (Nuning)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments