Home News Pelukis Timbul Raharjo Gelar Pameran Tunggal: ‘My Myself & I #4’

Pelukis Timbul Raharjo Gelar Pameran Tunggal: ‘My Myself & I #4’

137
0
Timbul Raharjo dengan salah satu karya lukisannya yang bertemakan virus Corona. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Seniman lukis dan kriya multi talent Timbul Raharjo beencana menggelar karya lukisan bertajuk pameran tunggal ‘Timbul Raharjo 2021’ dalam skema ‘My Myself & I #4’, pada tanggal 8 – 13 November 2021, di Candi Tirto Raharjo, Kasongan, Bantul, DIY.

Penciptaan karya seni rupa ini merupakan bagian projek berseni rupa tahun 2021. Sengaja judul pada penciptaan  inovasi seni rupa monumental ini tentang ‘ketiadaan ide sebagai sumber ide penciptaan gambar dan arca’.

“Terasa ganjil namun dapat dijelaskan secara gamblang,” kata Timbul, melalui rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Rabu (3/11/2021).

Dikatakan, penciptaan inovasi ini banyak mengeksplorasi ide bentuk, bahan, dan teknik, namun juga menyampaikan maksud dan tujuan dalam penciptaan seni rupa ini yakni ‘kebebasan berekspresi’.

Sekalipun Timbul Raharjo sering dikategorikan sebagai seniman ‘abangan’, yang berarti tanggung dan tidak jelas, namun eksplanasi yang disampaikan dapat menjadi semacam pembelaan diri sebagai kreator yang bertanggungjawab.Dalam berseni ia berpandangan bahwa ide harus liar sesuai dengan hati nurani, apa yang dikatakan memiliki kesesuaian dalam tindakan.

“Berkarya adalah keinginan dan kegelisahan diri, gelisah karena gembira maupun gelisah karena sedih. Keduanya memiliki tingkatan yang sama pada implementasi penciptaan karya inovasi ini,” ujar Dekan FSR ISI Yogyakarta itu.

Karya yang disajikan sekitar 50 lukisan yang dibuat selama 2021, setiap karya memiliki konsep yang berbeda dengan lainnya. Timbul Raharjo sengaja dalam penciptaan ini focus utamanya adalah proses penciptaan seni rupa itu sendiri.

Ia tidak dapat menyatukan pemahaman holistik dari semua karya yang disajikan, dalam konsep keterkaitan karya satu dengan lainnya. Namun mencoba mengambil konsep generalistik untuk merangkum sebagai ketiadaan ide yang ternyata sangat beride. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here