Home News Pameran Mebel, Kerajinan dan Batik Warnai Pre-Launching Gedung Dekranasda Sleman

Pameran Mebel, Kerajinan dan Batik Warnai Pre-Launching Gedung Dekranasda Sleman

62
0
Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi bersama Kertua Dekranasda Kabupaten Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo dan Wakil Ketua Dekranasda DIY GKBRAA) Paku Alam beserta jajaran pengurus Dekranasda DIY dan Tim Panitia dalam acara Pre Launching Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman 2020 sekaligus Pembukaan Pameran Mebel, Kerajinan & Batik 2020, Rabu (29/7/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo bersama Wakil Ketua Dekranasda DIY Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati (GKBRAA) Paku Alam dan Ketua Dekranasda Kabupaten Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo mengikuti acara pres-launching Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman, Rabu (29/7/2020). Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman inimenempati eks bangunan Pramuka.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pusat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Ketua Dekranasda Kabupaten Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo mengatakan, keberadaanung Dekranasda Kabupaten Sleman ini diharapkan dapat dikenali melalui acara pre-launching sehingga dapat dimanfaatkan lebih cepat oleh seluruh masyarakat Sleman dari berbagai lapisan masyarakat, khususnya pelaku usaha industri kreatif.

Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo bersama Dra Hj Kustini Purnomo berbelnja di sela-sela acara Pre Launching Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman 2020 sekaligus Pembukaan Pameran Mebel, Kerajinan & Batik 2020, Rabu (29/7/2020). Foto : Istimewa

“Kita berharap kegiatan-kegiatan promosi produk kerajinan Kabupaten Sleman kepada masyarakat domestik maupun internasional dapat ditingkatkan, hasil-hasil pengembangan produksi kerajinan dapat lebih cepat dikenali masyarakat, dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Sleman,” katanya.

Dikatakan, dengan adanya gedung ini, destinasi wisata edukasi di Sleman pun bertambah karena Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman dapat menjadi wadah penyiapan Regenerasi Sumber Daya Manusia/ Perajin Yang UngguldDan Menggali, Melestarikan dan Mengembangkan Warisan Tradisi Dan Budaya Bangsa, sesuai dengan misi Dekranasda Kabupaten Sleman

Di sisi lain, misi Dekranasda Kabupaten Sleman dalam meningkatkan hubungan kemitraan dan kerjasama dengan berbagai lembaga dibidang industri kerajinan, diharapkan juga lebih optimal. Kegiatan-kegiatan memperkuat jejaring melalui forum-forum komunikasi dapat lebih optimal karena pertemuan-pertemuan kecil antar pelaku usaha dapat terjalin melalui berbagai aktivitas di gedung ini.

Talkshow pada acara Pre Launching Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman 2020 sekaligus Pembukaan Pameran Mebel, Kerajinan & Batik 2020, Rabu (29/7/2020). Foto : Istimewa

Salah satu yang menjadi contoh konkrit kemitraan pada hari ini adalah dengan penyelenggaraan Pameran Mebel, Kerajinan & Batik 2020  yang diikuti oleh DPD HIMKI Sleman Raya, Asosiasi Batik Mukti Manunggal, dan beberapa perajin Sleman lainnya mulai hari ini Rabu 29 Juli 2020 sampai dengan Bulan September mendatang.

Pameran ini merupakan wujud tekad kuat para perajin / pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Sleman untuk lebih cepat bangkit dari kelesuan ekonomi sebagai dampak penyebaran pandemi COVID-19. Tema Percepatan Kebangkitan IKM Sleman di Era Adaptasi Baru menjadi agenda pemulihan ekonomi yang disegerakan, dilaksanakan, agar masyarakat Sleman tidak semakin terpuruk tetapi berupaya yang terbaik dalam melakukan aktivitas ekonomi yang diharapkan dapat berdampak ganda ke para pelaku usaha usaha dari sektor lainnya juga.

Acara Pre Launching Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman 2020 sekaligus Pembukaan Pameran Mebel, Kerajinan & Batik 2020 inimengawali langkah-langkah selanjutnya untuk saling menguatkan produk-produk kerajinan kita yang diharapkan akan mengangkat kesejahteraan masyarakat Sleman melalui sektor pariwisata dengan dibarengi Adaptasi Kebiasaan Baru. Penerapan protokol kesehatan, upaya-upaya memudahkan transaksi jual beli, inovasi berbagai produk, penggunaan teknologi informasi menjadi satu kesatuan dinamika yang harus kita jalani dan optimalkan. Seluruh kegiatan ini pastinya seperti yang telah disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara selaras dengan kebijakan Dekranas Pusat yang mendorong produktifitas perajin/pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) melalui platform digital. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here