Pak Ndut Sangat Produktif Mencipta Lagu Bertema Sosial

    177
    0
    Kepala Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk dan KB) Kabupaten Kulon Progo, Drs Mardiya. Foto : Dok Pribadi

    BERNASNEWS.COM – DI tengah kesibukannya sebagai Kepala Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk dan KB) Kabupaten Kulon Progo, Drs Mardiya yang akrab disapa Pak Ndut sangat aktif dan produktif mencipta lagu bertema masalah sosial.

    Selain sebagai hobi bahkan bakat, kreatifitas itu lahir dan terinspirasi dari kepekaannya melihat masalah-masalah sosial di sekelilingnya. Selain sebagai hiburan, lagu yang diciptakannya itu sebagai salah sat sarana atau media untuk mensosialisasikan atau mengampanyekan upaya pemerintah mengatasi berbagai masalah. Melalui lagu, upaya tersebut akan memudahkan masyarakat untuk memahami sekaligus mengikuti atau menjalankannya.

    Pada akhir Maret 2020, ia kembali menciptakan lagu bertema Keluarga untuk Komunikasi Informasi Edukasi (KIE). Kali ini lagu yang diciptakan berjudul Ayo Lawan Korona, sebagai media KIE pada masyarakat luas tentang bahaya virus Corona yang telah menjadi pandemi dan merambah hampir seluruh bangsa di bumi ini.

    Drs Mardiya alias Pak Ndut. Foto : Dok Pribadi

    “Lagu ini untk memotivasi masyarakat untuk mengatasi virus ini dengan menerapkan pola hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan, makan makanan dengan gizi seimbang serta rajin berolahraga,” kata Pak Ndut seperti dikutip dari laman pemberdayaan.kulonprogokab. go.id.

    Motivasi Pak Ndut membuat lagu ini karena merasa prihatin atas wabah virus Corona yang merenggut puluhan ribu nyawa dan menginfeksi ratusan ribu manusiadi seluruh dunia. Lagu Ayo Lawan Korona ciptaan Pak Ndut saat ini telah dapat dinikmati di YouTube pada channel Drs Mardiya diya. Lagu tersebut diunggah pada Senin (30/3/2020) pada pukul 23.00 WIB.

    Dan hingga saat ini lagu tersebut telah ratusan kali tayang dan mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. Bahkan lagu dengan vokal Pak Ndut dan Mamik ini telah digunakan aparat dan masyarakat pada saat melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan.

    Selain lagu Ayo Lawan Korona, Pak Ndut juga menciptakan lagu Bangga Kencana untuk mensosialisasikan program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) pada masyarakat luas.

    Drs Mardiya alias Pak Ndut. Foto : Dok Pribadi

    Lagu berirama pop ini dinyanyikan oleh Pak Ndut bersama Widya Angelica yang merupakan penyanyi lokal Kulon Progo. Sementara musiknya digarap oleh Latanza Entertainment dan, sedangkan videoklip dikerjakan oleh Orik’S Video.

    Menurut Pak Ndut, latar belakang ia membuat lagu Bangga Kencana karena istilah ini masih baru ditelinga masyarakat awam. Nama program ini merupakan hasil rebranding Program KB oleh BKKBN Pusat di bawah pimpinan Kepala BKKBN Dr (HC) dr H Hasto Wardoyo Sp.OG (K) yang juga mantan Bupati Kulon Progo. Sebelumnya, program ini dikenal dengan istilah program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

    Program ini telah direbranding awal tahun 2020 dengan harapan hasil capaian dalam hal pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan dan pengelolaan kependudukan menjadi lebih baik.

    Lagu Bangga Kencana sendiri telah diunggah di YouTube pada hari Jumat, 3 April 2020. Saat ini lagu tersebut telah ratusan kali ditonton dan mendapat komentar positif dari nitizen. Lagu ini dapat dilacak melalui channel Drs Mardiya diya di YouTube atau di halaman beranda FB Drs Mardiya.

    Pak Ndut memang dikenal sangat produktif dalam mencipta lagus sebagai salah satu upayanya untuk memotivasi masyarakat sekaligus mendorong masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam pembangunan.

    Sebelumnya, Pak Ndut menciptakan lagu berjudul Pasar Ngangkruk. Lagu ini diciptakan untuk menumbuhkan semangat wirausaha demi memperbaiki dan menambah penghasilan keluarga.

    Selain itu, Pak Ndut juga menciptakan lagu berjudul Pahlawan Kaluwargo dalam rangka memotivasi keluarga, terutama Kepala Keluarga untuk lebih giat bekerja dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi keluarga.Dan masih banyak lagi lagu yang diciptakan selama ini. (lip)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here