Home Seni Budaya Pagelaran Seni Daring pada Malam Puncak Lomba Animasi dan Motion Graphic Wayang

Pagelaran Seni Daring pada Malam Puncak Lomba Animasi dan Motion Graphic Wayang

262
0
Duta Museum DIY untuk Museum Wayang Kekayon Yogyakarta foto bersama panitia pada acara Pagelaran Seni Daring: Malam Puncak Lomba Animasi dan Motion Graphic Wayang dalam rangka menyemarakkan Hari Museum Indonesia di Museum Wayang Kekayon Yogyakarta Jalan Wonosari, Senin (12/10/2020) malam. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Duta Museum DIY untuk Museum Wayang Kekayon Yogyakarta menyelenggarakan acara Pagelaran Seni Daring: Malam Puncak Lomba Animasi dan Motion Graphic Wayang dalam rangka menyemarakan Hari Museum Indonesia, Senin (12/10/2020).

Sebagai bagian dari malam puncak perayaan, pagelaran seni yang ditampilkan terdiri dari macapatan oleh Putera Kebudayaan DIY, Diky Nur Yulia Arbi dan pentas wayang kulit oleh dalang Ki Udreka. Malam puncak ini juga dimaksudkan untuk memberikan apresiasi kepada para peserta lomba yang sudah menciptakan karya terbaik di bidang animasi dan motion graphic wayang. Acara ini disiarkan langsung melalui akun resmi Instagram @museumwayangkekayon

“Selamat bagi para pemenang dan bagi yang sudah mengirimkan karya lomba kami ucapkan terima kasih karena karya Anda semua bisa memberikan arti dalam pengembangan dunia pewayangan dan seni, budaya, tradisi di Museum Wayang Kekayon Yogyakarta,” ujar RM Donny Surya Megananda, Kepala Museum Wayang Kekayon Yogyakarta sekaligus dewan juri pada perlombaan tersebut.

Poster lomba Animasi dan Motion Graphic Wayang dalam rangka menyemarakkan Hari Museum Indonesia di Museum Wayang Kekayon Yogyakarta Jalan Wonosari, Senin (12/10/2020) malam. Foto : Istimewa

Pelaksanaan acara ini dipimpin langsung oleh Febriska Noor Fitriana yang merupakan Duta Museum DIY untuk Museum Wayang Kekayon Yogyakarta. Menurut Febriska, acara ini merupakan salah satu strategi untuk melestarikan budaya wayang dengan kemasan yang edukatif serta atraktif. Selain itu, hal ini juga sebagai salah satu upaya agar masyarakat turut mengenal serta mengunjungi Museum Wayang Kekayon Yogyakarta.

Teknis pelaksanaan lomba berlangsung dari pendaftaran dan pengumpulan karya dari tanggal 10 September hingga 9 Oktober 2020. Kemudian, dilakukan penjurian terhadap seluruh karya peserta. Hasil dari penjurian tersebut kemudian diumumkan dalam acara Pagelaran Seni Daring: Malam Puncak Lomba Animasi dan Motion Graphic Wayang. Pengumuman dilaksanakan sebelum penutupan acara.

Para pemenang lomba Animasi dan Motion Graphic Wayang dalam rangka menyemarakkan Hari Museum Indonesia di Museum Wayang Kekayon Yogyakarta Jalan Wonosari, Senin (12/10/2020) malam. Foto : Istimewa

Dari lomba ini, didapat 5 juara utama yang terdiri atas Juara I (Kartiko Bagaskoro), Juara II (Ganes Noviandra), Juara III (Dewi Anggraeni), Juara Harapan I (Muhammad Yahya), Juara Harapan II (Ragil Putra Purnama).

Selanjutnya, ada kategori Pemenang Apresiasi sejumlah 5 karya. Peserta tidak hanya berasal dari daerah DIY, akan tetapi berasal dari berbagai daerah seperti Jawa Timur, Sumatera dan Sulawesi. Seluruh rangkaian acara mulai dari perlombaan hingga pagelaran seni daring ini didanai oleh Dana Keistimewaan DIY 2020 serta dukungan dari Dinas Kebudayaan DIY. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here