Home News Padukuhan Jatirejo Lakukan Penyemprotan untuk Mencegah Covid-19

Padukuhan Jatirejo Lakukan Penyemprotan untuk Mencegah Covid-19

743
0
Dalam rangka mengantisipasi wabah Covid-19 warga Padukuhan Jatirejo, Sendangadi, Mlati, Sleman melakukan penyemprotan desinfektan, Jumat (27/3/2020). Foto: Kiriman Lukas.

BERNASNEWS.COM — Segenap pengurus RT dan RW Dukuh Jatirejo, Sendangadi, Mlati, Kabupaten Sleman melakukan penyemprotan desinfektan dalam rangka mencegah wabah virus Corona (Covid-19), Jumat (27/3/2020), di lingkungan wilayah setempat. Hadir dalam kegiatan itu, Dukuh Jatirejo, Mujiyana, Satgas Tagana Padukuhan Jatirejo, Yoga Utama Nugraha, Ketua RW 21, Nur Hidayat, dan Ketua RT 01-07 se Padukuhan Jatirejo.

Para petugas penyemprotan sedang mendapat pengarahan. (Foto: Kiriman Lukas)

“Untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, maka hari ini warga Jatirejo mengadakan penyemprotan masal. Mudah-mudahan dengan kegiatan penyemprotan desinfektan ini penyebaran virus Covid-19 bisa diatasi,” ungkap Mujiyana.

Sementara, Yoga Utama Nugraha selaku Satgas Tagana Padukuhan Jatirejo, menjelaskan, bahwa petugas penyemprotan dibagi dua tim, wilayah selatan dan utara. Pertama, penyemprotan fokus pada jalur jalan utama yang ada. Kedua, di lingkungan luar rumah penduduk penyemprotan ada back up memakai sprayer secara manual.

Petugas penyemprot siap melaksanakan tuga. (Foto: Kiriman Lukas)

“Untuk sprayer kecil atau portable bisa masuk ke lingkungan dalam rumah. Supaya lebih efektif kami serahkan kepada pemilik rumah masing-masing dengan edukasi. Kemudian ketua RT/ RW juga akan mengedukasi warganya untuk membuat desinfektan secara mandiri untuk kegiatan harian,” terang Yoga.

Lanjut Yoga, tugas yang bersama-sama yang kolektif ini untuk yang lingkungan luar, jalan-jalan utama dan fasilitas umum. “Parit, got, selokan yang mungkin ada genangan air juga kami semprot. Selain mengantisipasi wabah Covid-19, juga mengantisipasi demam berdarah (DBD) karena sekarang ini ada peralihan musim,” tegasnya.

Penyemprotan desinfektan ruas Jalan Pancamarga, Jatirejo, Sendangadi, Mlati, Sleman. (Foto: Kiriman Lukas)

Kemudian diutamakan keselamatan, Alat Pengamanan Diri (APD) harus lengkap. Karena ini bahan kimia jika petugas ada yang merasa penurunan kesehatan segera istirahat dan minta bantuan. “Jadi jangan dipaksakan. Sebab kasus sebelumnya terjadi iritasi di tenggorokan dan mata. Berharap tidak ada kendala, tujuan bisa tercapai dan edukasi masyarakat berjalan dengan baik,” pungkas Yoga Utama Nugraha.

Penyemprotan desinfektan dilakukan dengan kendaraan roda tiga khusus untuk di lingkungan Jalan Panca Marga Jatirejo. Juga petugas berjalan kaki untuk penyemprotan di gang-gang dan rumah warga di lingkup RW 21 dan RW 22, Jatirejo, Sendangadi, Mlati, Sleman. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here