Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePaduan Suara dan Ansamble Musik, Semarakan Perayaan Ekaristi dan Penerimaan Komuni Pertama...

Paduan Suara dan Ansamble Musik, Semarakan Perayaan Ekaristi dan Penerimaan Komuni Pertama di Gereja Santa Maria Fatima

bernasnews.com — Gereja Maria Fatima, Banyumanik, Semarang bersama gereja Katolik seluruh dunia merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, Minggu (19/6/2022).Perayaan Ekaristi bertema ‘Mengenangkan Kristus yang memberikan HidupNya bagi Keselamatan Kita’ itu, dipimpin oleh Romo Florintinus Harto Subono.

Juga dibarengi dengan penerimaan sakramen Maha Kudus atau komuni pertama bagi 70 anak, yang sudah hampir setahun mempersiapkan diri dengan mengikuti pelajaran komuni pertama. Selain peserta penerima komuni pertama, hadir dalam gereja antara lain keluarga penerima komuni pertama, serta umat yang memenuhi panti umat di sekitarnya.

Perayaan Ekaristi kali ini menjadi istimewa karena kehadiran group ansambel music dan paduan suara anak anak SD Santo Antonius 02, Banyumanik, Semarang. Dampak pandemi Covid-19 menjadikan lama vakum tidak merayakan Ekaristi dengan iringan musik kulintang dan tabuhan drum yang meriah.

Grup ansamble music Antonius 02 ketika menampilkan kebolehannya. (Foto: Kiriman Cicilia Sudarsih)

Kali ini dengan mantap grup ansamble music Antonius 02 menampilkan kebolehannya, dengan semangat dan latihan yang intensif selama beberapa  minggu. Dipandu oleh Bapak Antonius Sukiman sebagai pelatih musiknya dan beberapa guru sebagai pendamping paduan suara.

Dalam acara tersebut, diawali Ketua Panitia penyelenggara Penerimaan Sakramen komuni pertama menyerahkan anak – anak calon komuni pertama kepada Romo Florintinus Harto Subono, untuk dapat digabungkan bersama dalam Perayaan Ekaristi.

Kemudian Romo Bono memulai memimpin Perayaan Ekaristi dengan membacakan ujub- ujub .Ujub utama adalah syukur atas anak anak yang akan menerima Komuni Pertama. Ujub lain  syukur ulang tahun, syukur kehamilan , serta ujub kedamaian jiwa bagi umat yang sudah meninggal.

Bacaan Kitab suci pertama dari Kitab kejadian dibacakan oleh Gaby salah satu peserta penerima komuni pertama. Bacaan sabda kedua dari Surat Pertama Paulus kepada Jemaat di Korintus, dibacakan oleh Daniel. Bacaan ini sangat menggambarkan tema ekaristi ini.

Tibalah Romo Bono memberikan homili yang begitu cantik dan menarik. Seperti biasa beliau memberikan pertanyaan – pertanyaan yang ringan, yang berkaitan dengan hal – hal yang disukai anak anak.

“Apakah anak – anak mengenal Batman, Spiderman? Hebatkah mereka? Apa hebatnya?,” tanya Romo Bono kepada anak-anak yang hadir dalam acara itu.

Dikatakan Romo, bahwa tokoh sosok hebat yang disebutkan tidak ada. Menurut Romo, di dunia ini ada sosok yang sungguh hebat dan sungguh baik yaitu Yesus.

“Yesus sangat hebat karena Dia mampu mengadakan perbuatan – perbuatan hebat. Antara lain, menyembuhkan orang sakit. memelekkan mata orang buta, berjalan di atas air, mengubah air menjadi anggur, mentahirkan orang kusta,” tutur Romo Bono.

Anak-anak peserta Komuni Pertama berbaris memasuki Gereja Santa Maria Fatima, Banyumanik, Semarang. (Foto: Kiriman Cicilia Sudarsih)

Romo Bono berpesan agar kapan saja, di mana saja, saat apa saja, belajar, bemain, sedih, marah, jengkel, ataupun gembira hadirkan Tuhan Yesus,bercakap, dan berdoa kepadaNya.

“Setelah anak – anak menerima Komuni pertama. Anak – anak mengikuti kegiatan gereja seperti misdinar, petugas koor, dan lain – lain agar semakin dekat dengan Tuhan Yesus,”pesan Romo Bono.

Sebelum menutup Perayaan Ekaristi, Romo Bono memberi ucapan terimakasih kepada para petugas misa, petugas tatib, lektor, misdinar, pemazmur dan para  panitia pelaksana ekaristi. Secara khusus juga memberi apresiasi kepada group ansamble music dan paduan suara Antonius 2, yang sudah memeriahkan perayaan sehingga menjadi semarak dan membuahkan kegembiraan bagi semua yang hadir dalam Perayaan Ekaristi. (Cicilia Sudarsih , S.Pd, Guru SD Marsudirini Santo Antonius 02 Banyumanik, Semarang)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments