Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPacu Pertumbuhan Ekonomi, Presiden Jokowi Dorong Belanja APBN, APBD dan BUMN Beli...

Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Presiden Jokowi Dorong Belanja APBN, APBD dan BUMN Beli Produk UMKM

bernasnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong belanja APBN, APBD dan BUMN untuk membeli produk dalam negeri, terutama produk UMKM. Hal ini memacu pertumbuhan ekonomi nasional. Sebb, saat ini tantangan ketidakpastian global mengakibatkan semua negara mengalami kesulitan ekonomi.

“Karena itu, kepada para menteri, kepala lembaga, kepala daerah dan BUMN saya menekankan pentingnya memacu pertumbuhan ekonomi nasional dengan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta anggaran BUMN untuk membeli produk dalam negeri,” tegas Presien Jokowi dalam pengarahannya di hadapan para kepala daerah dan pimpinn BUMN, Kamis 24 Maret 2022.

Menurut Presiden Jokowi, sebanyak 40 persen saja anggaran-anggaran itu digunakan untuk membeli produk dalam negeri, sudah bisa memacu pertumbuhan ekonomi kita seraya membuka sekitar 2 juta lapangan pekerjaan yang lebih luas.

“Ya, produk dalam negeri. Saya memberi target hingga Mei 2022, anggaran sebesar Rp 400 triliun dapat digunakan untuk pembelian barang dari dalam negeri. Saya juga meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk menyediakan berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam platform yang tersedia. Ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Segera juga dorong UKM-UKM di daerah itu untuk masuk ke e-Katalog sebanyak-banyaknya,” tegas Presiden Jokowi dikutip bernasnews.com di akun instgramnya.

https://www.instagram.com/jokowi/

“Terima kasih sudah terus mendukung produkUMKM untuk bangkit pak! šŸ™Œā¤ļøšŸ™Œ #BanggaBuatanIndonesia,” komentar Krisn Oleh-Oleh Bali pemilik akun instagram @krisnaoleholehbali di kolom komentar. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments