Home Ekonomi Pabrik Biodiesel dari Minyak Kelapa Sawit Diresmikan Presiden Jokowi

Pabrik Biodiesel dari Minyak Kelapa Sawit Diresmikan Presiden Jokowi

96
0
Presiden Joko Widodo meresmikan PT Jhonlin Group, pabrik biodiesel berbahan baku minyak kelapa sawit di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Kamis 20 Oktober 2021. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan PT Jhonlin Group, pabrik biodiesel berbahan baku minyak kelapa sawit di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Kamis 20 Oktober 2021. Pabrik yang dibangun dalam rangka industrialisasi CPO ke biodiesel ini untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar dan menciptakan produk-produk turunan dari CPO.

Menurut Presiden Joko Widodo, potensi minyak sawit mentah atau crude palm oil yang dimiliki Indonesia mencapai 52 juta ton setiap tahun. Potensi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan melakukan hilirisasi dan industrialisasi kelapa sawit.

“Karena itu, saya mengapresiasi PT Jhonlin Group yang telah membangun pabrik biodiesel dalam rangka industrialisasi CPO ke biodiesel sehingga dapat memberikan nilai tambah yang lebih besar dan menciptakan produk-produk turunan dari CPO. Pabrik tersebut telah selesai dan saya resmikan hari ini di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan,” kata Presiden Jokowi dikutip Bernasnews.com dari akun Instagram @jokowi, Jumat 21 Oktober 2021.

Menurut Presiden Jokowi, pembangunan pabrik biodiesel ini tentu akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan, menjaga stabilisasi harga minyak sawit mentah (CPO) dan membantu meningkatkan kualitas lingkungan melalui kontribusi pengurangan emisi gas rumah kaca.

https://www.instagram.com/jokowi/

Sementara menurut David Ricardo di akun @ricardomanroe001 menyebutkan bahwa biodiesel adalah bahan bakar nabati untuk aplikasi mesin/motor diesel berupa ester metil asam lemak (fatty acid methyl ester/FAME) yang terbuat dari minyak nabati atau lemak hewani melalui proses esterifikasi/transesterifikasi.

Menanggapi diresmikannya pabrik biodiesel tersebut, seorang warganet Durge Dewi di akun instagramnya @durgedewi mengatakan bahwa pabrik tersebut harus bisa memberikan masukan devisa bagi NKRI agar tidak terjadi lagi defisit anggaran.

Pabrik biodiesel di kalsel hrus bsa memberi msukan devisa nkri shg defisit keuangan nkri gk trjdi lgi pa jokowi smua post2 departemen/bumn2 nkri hrus bsa berikan nilai tmbah sbg dumber devisa nkri krn biaya APBN bsar se x pa jokowi klo pemetintah pa jokowi gk.mncari sebnyak2nya sumber devisa nkri yg akan akibatkan defisit keuangan nkri trjdi trus2an dinkri pa jokowi prlu sistem dg manajemen yg baik shg PEN bsa trcapai 5% shg defisit keuangan nkri gk trjdi lgi baik departemen jg bumn2 nkri shg biaya2/ cost yg dikluarkan ada timbal balik memberi manfaat jg daya guna bagi nkri jg rakyat pa jokowi,” tulisdurgedewi.

https://www.instagram.com/durgedewi/

(lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here