Outdoor Wedding, Tren Baru Perhelatan Pernikahan di Masa PPKM

    359
    0
    Tren baru penyelenggaraan perhelatan pernikahan di masa PPKM, dengan konsep Outdoor Wedding, di Obyek Wisata Alam. (Nuning Harginingsih)

    BERNASNEWS.COM — Kebijakan pemerintah berupa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 ini cukup membuat lega warga masyarakat secara umum karena dibandingkan saat pelaksanaan PPKM Darurat beberapa kegiatan usaha benar-benar terasa seperti di pasung.

    Kekinian meskipun masih ada pembatasan dan persyaratan tertentu, serta tetap dengan protokol kesehatan (prokes) ketat namun masyarakat telah dapat menjalankan kegiatan di masa tatanan baru atau yang juga sering disebut new normal. Salah satu kegiatan adalah penyelenggaraan perhelatan pernikahan.

    Setting dekorasi kursi pelaksanaan ijab dan kursi mempelai didesain menyatu dengan alam sekitar sehingga terlihat indah dan artistik. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

    Selain terbentur aturan yang cukup rumit, menggelar pernikahan masih dalam suasana pandemi memang menjadikan gamang, yang semua harus diperhitungkan terkait persoalan kesehatan, baik dari keluarga, tamu yang hadir dan tempat resepsi.

    Ada pengalaman yang menarik dan bisa menjadi tips bagi warga yang hendak menyelenggarakan pesta pernikahan, pengalaman menarik tersebut disampaikan oleh Sita, warga Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen yang belum lama ini melaksanakan pernikahannya.

    Kedua mempelai yang menggelar perhelatan pernikahannya di Obyek Wisata Kalibuntuk, Kebumen beberapa wakt lalu. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

    Sebagai venue ijab hingga pesta terbatas bersama keluarga, dilaksanakan di Obyek Wisata Pantai Kalibuntu, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. “Meskipun keluarga dan tamu yang hadir sangat terbatas, rasanya perhelatan pernikahan masih dalam suasana pandemi kok lebih aman dan nyaman di tempat terbuka,” ungkap Sita.

    Dipilihnya Pantai Kalibuntu, terang Sita, masih belum banyak dikunjungi wisatawan disbanding pantai-pantai lainnya, tempatnya luas, berltar belakang pepohonan kelapa dan anginnya pun sepoi-sepoi. “Tempatnya cukup respretativ untuk menyelenggarakan berbagai acara termasuk wedding. Pernah juga Dinas Pariwisata Kebumen menggelar event Jeep Tour,” bebernya.

    Dikatakan, bahwa dalam perhelatan pernikahan itu, Sita harus juga menyiapkan sarana transportasi bagi keluarga besarnya namun setidaknya juga bisa membatasi para tamu yang hadir. “Coba kalau diselenggarakan di rumah atau di gedung pertemuan yang berlokasi di tengah kota, teman-teman yang tau dari geethok tular bisa hadir dan terjadi kerumunan,” terang putri sulung seorang Lurah Desa itu.

    Berlatar belakang pepohonan kelapa menambah syahddunya acara perhelatan pernikahan di Pantai Kalibuntu, Kebumen. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

    Pantai Kalibuntu terletak di selatan Kota Kebumen, berjarak kurang lebih 20 km atau tepatnya di Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini merupakan muara dari sungai Luk ulo, sehingga untuk mencapai bibir pantai pengunjung harus menyebrangi sungai (Kalibuntu) dengan menggunakan perahu kecil.

    Selain keindahan pantai juga terdapat penangkaran penyu yang dikelola oleh Pokdarwis Gajah Gunung Desa Jogosimo. Tempat parkir yang memadai dan fasilitas umum yang terdapat di lokasi tersebut sangat mendukung untuk mengadakan berbagai event dengan tema out door. Juga jalan yang tidak begitu sulit untuk menuju obyek wisata alam Pantai Kalibuntu. (Nuning)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here