Monday, August 8, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsOtopet, Mainan Baru di Obyek Wisata Kaliurang

Otopet, Mainan Baru di Obyek Wisata Kaliurang

BERNASNEWS.COM – Daya tarik obyek wisata alam Kaliurang, Pakem, Sleman kini bertambah. Tidak hanya udaranya yang sejuk dan pemandangan alamnya yang indah, tapi juga fasilitas mainan bagi wisatawan/pengunjung seperti otopet atau otoped.

Fasilitas mainan otopet yang baru hadir sekitar 1 bulan yang itu digemari para wisatawan/pengunjung, terutama anak-anak muda. Dengan hanya membayar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per 15 menit, pengunjung bisa berkeliling di kompleks obyek wisata Kaliurang dengan sepuasnya. Kalau mau lebih lama lagi, misalnya 20 menit atau 30 menit bisa tambah biaya Rp 10.000 atau lebih.

“Sudah hampir satu bulan kami menyediakan fasilitas ini sebanyak 22 unit otopet. Lumayan bisa sampai 50 pengguna/penyewa per hari, bahkan lebih,” kata pengelola Terminal Scooter Kaliurang yang tidak disebutkan namanya kepada Bernasnews.com pada Jumat 31 Desember 2021 sore.

Otopet. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Otopet atau otoped yakni skuter dorong atau sebuah pelat dengan 2 roda (depan dan belakang) yang menggunakan energi listrik. Pengguna berdiri dengan dua kaki di atas pelat dan tangan kanan menarik gas, sementara tangan kiri memegang rem. Otopet merupakan fasilitas baru yang bisa disewa pengunjung untuk berkeliling kawasan Kaliurang. Sejumlah pedagang menyediakan otopet yang bisa disewa pengunjung dengan tarif yang bervariasi sesuai lama penggunaan yang disepakati.

Biaya sewa otopet atau otoped bervariasi tergantung pengelola mapun lama penggunaan. Di tempat persewaan Skuter Kaliurang yang terletak di sebelah barat Taman Rekreasi Kaliurang tarif sewa otopet hanya sebesar Rp 10.000 per 15 menit, sementara di Terminal Scooter Kaliurang tarif sewa Rp 15.000 per 15 menit.

Semakin lama penggunaan otopet atau otoped maka biaya sewa semakin mahal. Di Terminal Scooter Kaliurang, misalnya, untuk 15 menit sebesar Rp 15.000, untuk 20 menit Rp 25.000 dan untuk 30 menit biaya sewa sebesar Rp 35.000.

Penggunaan otopet gampang-gampang susah, butuh keseimbangan dan konsentrasi. Bila tidak, bisa jatuh atau menabrak benda lain di sekitarnya.

Salah satu tempat persewaan otopet. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

“Pernah ada yang catur karena ngegas melebihi ketentuan. Ada pula yang menabrak pohon karena tidak konsentrasi akibat sambil main HP,” kata seorang ibu yang mengelola Terminal Scooter Kaliurang.

Karena itu, sebelum menggunakan otopet para pengguna terutama pemula dibriefing, diberi penjelasan tentang cara menggunakan otopet agar aman. Selain tidak boleh terlalu cepat terutama di jalan yang menurun, juga harus konsentrasi, tidak boleh main HP.

“Kalau jatuh dan rusak karena kesalahan pengguna/melanggar ketentuan, maka semua biaya perawatan kerusakan otopet ditanggung pengguna/penyewa,” katanya.

Dari pengamatan Bernasnews.com sejak Jumat 31 Desember 2021 sore hingga malam, banyak pengunjung/wisatawan menggunakan otopet, terutama anak-anak muda. Mereka berkeliling obyek wisata Kaliurang menggunakan otopet. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments