Home News Ono Kaline River Park, Memadukan Wisata Kuliner dan View Persawahan Di Tepi...

Ono Kaline River Park, Memadukan Wisata Kuliner dan View Persawahan Di Tepi Kali Tinalah

1306
0
Destinasi Wisata Ono Kaline River Park, Desa Banjararum, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DIY. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Wisata kekinian yang memadukan kuliner dan pemandangan alam di Kabupaten Kulon Progo, khususnya wilayah bagian utara dengan mengandalkan view latar belakang persawahan, aliran sungai dan bukit Menoreh, pertumbuhan secara signifikan tampak terlihat, di wilayah Kapanewon Nanggulan dan Kalibawang, utamanya di kiri kanan Jalan Raya Kalibawang – Borobudur.

Salah satu dari hasil eksplorasi alam menjadi destinasi wisata kekinian adalah Ono Kaline River Park. Destinasi yang berlokasi di pinggiran Kali Tinalah, Desa Banjararum, Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo ini, dibuka pada tahun 2019, dengan konsep awal sebagai tempat berkemah (camping) dan kegiatan outbond. Tepatnya, dari arah perempatan Nanggulan, Jalan Raya Kalibawang – Borobudur berkisar 5 kilometer, Jembatan Kali Tinalah masuk ke kiri.

Pengunjung dapat menikmati kuliner atau ngopi di sebuah bangunan semacam gubuk atau di tempat terbuka, di Ono Kaline River Park, Kabupaten Kulon Progo, DIY. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

“Lahan ini milik person yang dibangun untuk tujuan wisata, dengan konsep awal sebagai tempat camping dan outbond. Sempat terbengkelai akibat adanya pandemi sehingga awal tahun 2021, konsep diubah menjadi wisata kuliner dengan menu andalan iwak kali (ikan tawar) dan kopi produk lokal Menoreh,” terang Arif selaku Pengelola Ono Kaline River Park, Minggu (23/5/2021).

Dikatakan, dalam pengelolaan wisata Ono Kaline River Park pihaknya bekerja sama dengan Karang Taruna pedukuhan setempat, serta pemberdayaan warga dalam pengayaan konten menu kuliner yang umum dijual. “Dari perolehan parkir oleh Karang Taruna, kami mendapat bagian 10 persen, yang kemudian kami kembalikan untuk program sedekah bagi masyarakat,” ujar Arif.

Tenda-tenda bentuk piramida berfungsi sebagai penghias juga sebagai atap untuk meninkmati sajian kuliner khas Ono Kaline River Park, Kulon Progo. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Lahan destinasi Ono Kaline River luas total 1,7 hektar terbagi untuk tempat kuliner berkisar 3000 meterpersegi. Sementara sisa lahan berada di seberang sungai untuk kegiatan camping dan outbond, dengan view hamparan terasiring persawahan dan sungai berbatuan, dengan air yang lumayan jernih yang juga aman untuk bermain kekeceh. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here