Home Technology OLY Gelar Special Call HUT Ke-264 Kota Yogyakarta

OLY Gelar Special Call HUT Ke-264 Kota Yogyakarta

441
0
Walikota Yogyakarta Haryati Suyuti (YE2VHS) berbaju hitam dan Wakil Walikota Heroe Poerwadi (YF2YHP) foto bersama dengan jajaran Pengurus ORARI Lokal Kota Yogyakarta (OLY). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) adalah satu-satunya wadah bagi amatir radio di Indonesia. Organisasi ini resmi berdiri pada 9 Juli 1968 atas dasar Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1967. ORARI juga bagian dari International Amateur Radio Union (IARU) yang merupakan Organisasi Amatir Radio Dunia.

Karena kegiatan Amatir Radio adalah berskala Internasional, ketentuan yang mengatur kegiatan Amatir Radio diatur pula dalam Radio Regulation yang di keluarkan oleh International Telecomunication Union (ITU). Demikian disampaikan oleh Pengurus ORARI Lokal Kota Yogyakarta Rudy Hartono (YC2VDI) dan Y. Sri Susilo (YD2UKH) dalam rilis yang dikirim, Sabtu (10/10/2020).

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti (YE2VHS) sedang menyampaikan sambutan dalam acara Special Call HUT Ke-264 Kota Yogyakarta yang diselenggarakan oleh ORARI Lokal Kota Yogyakarta (OLY). Foto: Istimewa.

“ORARI bertujuan mewujudkan amatir radio Indonesia yang berpengetahuan dan terampil di bidang komunikasi radio dan teknik elektronika radio untuk diabdikan bagi kepentingan bangsa dan negara,” ungkap Y. Sri Susilo yang juga diamini oleh Rudy Hartono,

Dikatakan, salah satu fungsi ORARI adalah sebagai mitra pemerintah dalam kegiatan pengawasan penggunaan gelombang radio serta pemilikan dan penggunaan perangkat komunikasi radio. Sementara salah satu kegiatan ORARI adalah membantu pemerintah dalam rangka mendeteksi pelanggaran terhadap penggunaan dan pemilikan perangkat komunikasi radio.

Berkenaan dengan fungsi dan tujuan tersebut, serta dalam rangka ikut menangayubagya HUT Ke-264 Kota Yogyakarta, ORARI Lokal Kota Yogyakarta (OLY) menyelenggarakan Special Call HUT Ke-264 Kota Yogyakarta, Tahun 2020. Kegiatan special call berlangsung, tanggal 7-8 Oktober 2020, jam 15:00 – 22:00 WIB, di Rumah Dinas Walikota Yogyakarta. Peserta adalah seluruh anggota amatir radio yang mempunyai IAR dan KTA yang berlaku dan berada di dalam wilayah, serta luar wilayah Indonesia.

Ketua OLY Ir. Rifqi Rizal (YB2XPF) mengatakan, setidaknya ada 4 maksud dan tujuan dari event special call tersebut. Pertama, menjalin kerjasama yang baik antara ORARI Lokal Kota Yogyakarta dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, serta Mitra Strategis ORARI. Kedua, memberikan edukasi kepada anggota Amatir Radio agar melakukan check in dengan operating procedur yang baik dan benar.

“Ketiga, Meningkatkan brand image Lokal Kota Yogyakarta secara nasional dan Internasional melalui kegiatan amatir radio. Dan yang keempat atau terakhir, sebagai ajang silaturahmi antar anggota amatir radio,” ujar Rifqi.

Rudy Hartono (YC2VDI) selaku Bendahara OLY sedang menyampaikan salam melalui frekwens band HF dan VHF, dengan mode phone FTB dan CW, dalam kegiatan Special Call HUT Ke-264 Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)i

Sementara, Lukas Budi Purwanto (YD2WPL) selaku Koordinator Pelaksana Special Call menambahkan, bahwa acara tersebut memancar  pada band HF dan VHF dengan mode phone, FTB dan CW. “Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti (YE2VHS) membuka kegiatan special call tersebut. Hadir dalam acara pembukaan antara lain, Wakil Walikota Heroe Poerwadi (YF2YHP) serta penjabat Pemkot Yogyakarta, pengurus ORARI DIY dan ORARI Lokal Kota Yogyakarta,” imbuh Lukas.

Pada kesempatan tersebut seluruh pengurus ORARI yang hadir mengucapkan Selamat HUT Ke-264  Kota Yogyakarta. “Pengurus ORARI Lokal Kota Yogyakarta juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Yogyakarta, Bank BPD DIY, Bernasnews.com dan seluruh pihak  atas dukungannya sehingga kegiatan special call dapat berjalan dengan lancer,” pungkas Rudy Hartono selaku Bendahara didampingi oleh Y. Sri Susilo, pengurus OLY. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here