Home News Nuryadi : Katin Subiyantoro Kader Partai yang Konsisten dalam Berjuang

Nuryadi : Katin Subiyantoro Kader Partai yang Konsisten dalam Berjuang

476
0
Mantan Anggota MPR RI Drs Katin Subiyantoro (ketujuh dari kanan) diapit Ketua DPD PDIP DIY Nuryadi (kedelapan dari kanan/kopiah hitam) dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY Totok Hedi Santoso (keenam dari kanan) usai mengikuti sarasehan refleksi Peristiwa 27 Juli 1996 di Kantor DPD PDIP di Jalan Tentara Rakyat Mataram Badaran, Yogyakarta, Jumat (26/7/2019) malam. Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Mantan Anggota DPR/MPR RI Drs Katin Subiyantoro merupakan kader partai yang sangat konsisten dalam berjuang. Hal ini terlihat saat PDI mengalami perpecahan yang kemudian melahirkan PDI Perjuangan di bawah pimpinan Megawati Soekarnoputri.

“Pada masa itu beliau betul-betul konsisten membela Megawati Soekarnoputri untuk menjadi Ketua Umum PDI, walau pada saat di tubuh PDI terbelah. Dengan resiko seolah-olah perjuangan untuk memilih Ibu Megawati yang diposisikan sebagai partai ilegal saat itu, Katin Subiyantoro tetap membela dan bersama PDI pimpinan Megawai,” kata Nuryadi, Ketua DPD PDI Perjuangan DIY kepada Bernasnews.com pada Senin, 24 Mei 2021.

Drs Katin Subiyantoro meninggal dunia di RS Bethesda pada Minggu, 23 Mei 2021 dalam usia 80 tahun. Jenasahnya dimakamkan di pemakaman keluarga di Gunungkidul pada hari Senin, 24 Mei 2021.

Menurut Nuryadi, meski saat itu kelompok Soerjadi nyata-nyata didukung pemerintah, namun Pak Katin sebagai salah satu kader PDI yang berani melawan arogansi pemerintah kala itu. Dan terbukti kubu Megawati kemudian yang menang.

“Jadi, almarhum adalah pejuang sejati di PDI Perjuangan baik untuk mendukung Ibu Mega maupun mempertahankan NKRI, Pancasila 1 Juni, Bhinekka Tunggal Ika dan UUD 1945. Kami semua merasa kehilangan kader terbaik. Semog arwahnya diterim disisiNya dan kami yg ditinggalkanl siap meneruskan perjuangannya,” kata Nuryadi yang juga Ketua DPRD DIY ini.

Sementara Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY GM Totok Hedi Santosa mengatakan, Katin Subiyantoro merupakan kader senior yang punya kemauan dan kemampuan besar membina kader-kader di bawahnya untuk tetap semangat dan tak lelah mempertahankan ideologi.

“Beliau sangat konsisten dan itu selalu ia tunjukkan dengan kegigihannya membantu partai agar terus hidup dan berkembang.
Meski dalam kondisi tidak sehat, sekitar 2 tahun yang lalu beliau mendatangi Kantor DPD PDI Perjuangan yang tengah dibangun, memberikan refleksi sejarah partai dari zaman Orba sampai reformasi. Ini tentu memberikan tauladan yang luar biasa yang membuat kami-kami yang lebih muda tetap terjaga spirit perjuangan yang dibutuhkan,” kata Totok Hedi.

“Selamat jalan senior. Semoga Tuhan memberikan tempat yang indah dan tenang bagimu,” ucap Totok Hedi. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here