Home Opini Nilai-nilai Tersebunyi dalam Bekerja

Nilai-nilai Tersebunyi dalam Bekerja

395
0
Dr Jumadi SE MM, Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mataram dan Ketua Ikatan Dosen Republik Indonesia Wilayah DIY)

BERNASNWS.COM – Bekerja dengan hasil terbaik adalah sebuah kebutuhan bagi para karyawan dan yang mempekerjakan (pimpinan). Hal ini sesuai dengan harapan-harapan yang disampikan saat perusahaan mencari tenaga kerja dan disambut dengan baik oleh pencari kerja dengan menyampaikan bahwa pencari kerja (calon karyawan) akan bekerja sebaik-baiknya jika diterima bekerja.

Hal ini juga diimbangi oleh perusahaan yang menyampaikan bahwa ketika calon karyawan diterima dan bekerja dengan baik maka akan diberikan penghargaan yang sesuai. Namun kadang kondisi berubah berbanding terbalik setelah sekian lama berkerjasama sebagai team. Keadaan ini terjadi karena harapan dari kedua belah pihak tidak terpenuhi sehingga menimbulkan gesekan antara pimpinan (ketua team) dengan anggota teamnya (karyawan) yang berakibat adanya saling ketidakpercayaan di antaranya.

Mengapa demikian? Keadaan ini terjadi karena masing-masing pihak tidak saling mensyukuri terhadap nikmat yang diperolehnya. Nikmat apa itu? Bagi karyawan nikmat yang telah diperoleh adalah diterima bekerja dan mendapatkan pekerjaan sebagai solusi permasalahan yang dihadapi.

Bagi perusahaan nikmatnya adalah mendapatkan karyawan yang dapat membantu dalam memecahkan berbagai permasalahan yang tidak dapat diatasi secara mandiri. Apabila hal ini disadari dan disyukuri oleh masing-masing pihak maka hal baik akan terjadi. Bagaimana cara mensyukurinya?

Cara yang mudah adalah masing-masing saling mengucapkan terimakasih telah menjadi bagian dari team. Bagi karyawan berterimakasih karena telah diterima bekerja dan bagi perusahaan mengucapkan terimakasih karena telah bersedia bergabung di perusahaan sebagai anggota team dan memperlakukan karyawan dengan sebaik-baiknya (melayani) sebagai pelanggan internal.

Bekerja dengan baik sebagai bentuk rasa syukur dapat memberikan pelajaran baik dalam kehidupan sehingga bekerja dapat memberikan nilai-nilai tersendiri. Pertama, nilai ibadah, bekerja dengan baik yang dilandasi dengan rasa keikhlasan seraya mengharap ridho ALloh SWT merupakan manifetasi dari nilai ibadah dan memunculkan kecerdasan spiritual.

Kedua, nilai sosial dan emosional. Bekerja dengan baik di perusahaan yang mempunyai karyawan banyak dapat menimbulkan rasa kepedulian terhadap sesamanya, sehingga di antaranya akan saling membantu, dan ini membutuhkan kecerdasan emosional dan social.

Ketiga, nilai budaya, bekerja di lingkungan yang meimiliki bauran budaya yang tinggi dan dapat beradaptasi dengan baik tanpa merendahkan satu budaya dengan budaya yang lain akan berdampak terhadap hasil kerja yang baik pula, namun hal ini membutuhkan kecerdasan budaya.

Keempat, nilai kreatifitas dan inovasi, bekerja dengan baik yang dilandasi oleh kemampuan berpikir yang berbeda (kreatifitas) akan menghasilkan sesuatu yang berbeda (inovasi) akan berdampak terhadap kinerjanya, namun hal ini membutuhkan kecerdasan intektual.

Sementara itu dari sisi perusahaan (piminan) melayani dengan sebaik-baiknya terhadap karyawan (pelanggan internal), dapat memberikan nilai-nilai tersendiri bagi pekerjanya sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Nilai-nilai itu adalah, pertama, nilai keteladanan. Pemimpin akan menggerakkan pekerjanya dengan cara-cara yang baik oleh karena itu keteladanan pimpinan (leading by example) akan menjadi salah satu faktor keberhasilan perusahaan. Apa yang perlu diteladani dari pemimpin? Yang perlu diteladani adalah ucapan baiknya, sikap baiknya dan prilaku baiknya.

Kedua, nilai keadilan. Pemimpin akan selalu ngrengkuh semua karawannya yaitu tidak akan membeda-bedakan sikapnya terhadap karyawan satu dengan karyawan yang lain sehingga karyawan merasa tidak dianaktirikan dan memberikan semangat dalam bekerja.

Ketiga, nilai persatuan. Pemimpin akan senantiasa untuk nyawijekake, yaitu mempersatukan antara satu dengan yang lainnya sehingga karyawan akan menjadi total team work yang baik.

Keempat, nilai perlindungan dan pengayoman. Pemimpin akan memberikan perlindungan dan pengayoman terhadap semua karyawannya, sehingga karyawan akan merasa aman dan nyaman dalam bekerja.

Kelima, nilai motivasi. Pemimpin akan selalu memberikan dorongan dan semangat kepada karyawannya sehingga karyawan akan terdorong untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

Keenam, nilai ketentraman dan ketenangan. Pemimpin selalu memberikan suasana hati yang tentram dan tenang bagi semua karyawannya. Dengan ketenangan dan ketentraman hati karyawan akan bekerja dengan hati yang tenang sehingga produktivitas menjadi membaik.

Dengan meilhat beberapa hal yang diuraikan di atas, maka tanpa disadari ketika bekerja dengan sebaik-baiknya seraya mensyukuri segala nikmat-Nya akan selalu memberikan nilai-nilai. Apakah itu bekerja sebagai karyawan atau bekerja sebagai pemimpin, yang pasti dapat memberikan nilai-nilai baik terhadap kehidupan ini. (Dr Jumadi SE MM, Wakil Rektor I Universitas Widya Mataram dan Ketua Ikatan Dosen Republik Indonesia Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here