Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsNikah Bareng Unik, Maharnya Ingkung Ayam Kuliner Khas Bantul

Nikah Bareng Unik, Maharnya Ingkung Ayam Kuliner Khas Bantul

bernasnews.com — Bertemakan ‘Satukan Hati Jaga Alam, Bersama Melawan Pandemi’, FORTAIS Indonesia (Forum Ta’aruf  Indonesia), Sewon, Bantul, DIY bekerjasama Joglo Pring Waroeng nDesso didukung Paguyuban Rias Srikandi, Paguyuban Pranatacara Yogyakarta (PPY) dan beberapa pihak kembali menggelar Nikah Bareng Unik, dengan mahar ingkung pertama di Indonesia dan dunia.

Persembahan 16 tahun Nikah Bareng berkhidmat untuk Negeri oleh FORTAIS Indonesia ini dilaksanakan, Selasa (22/3/2022), di Joglo Pring Waroeng nDesso, Bantul, DIY. “Pernikahan kali ini unik, selain bermahar ingkung. Juga karena ada 4 pasang pengantin, 4 pasang MC PPY, 4 Violin dan 40 Bridesmaid paguyuban rias Srikandi. Semuanya serba 4 sesuai level PPKMnya waktu lalu,” terang Ryan Budi Nuryanto selaku Ketua Fortais Golek Garwo dan Nikah Bareng Nasional.

Kendi berisi air suci yang akan disiramkan di tunas tanaman oleh para mempelai peserta Nikah Bareng Unik yang diselenggarakan oleh FORTAIS Bantul, Selasa (22/3/2022). Foto: Kiriman Ryan.

Dikatakan, penyelenggaraan nikah bareng ini juga untuk memperingati Hari Air Sedunia, yang jatuh pada tanggal, 22 Maret 2022, dan merupakan bagian dari konsep Wedding Destinasion Wisata Prokes 4 seri dengan tajuk Keajaiban Antara Gunung dan Samudera.

“Sedang seri berikutnya yaitu, Nikah Uniq Gua Cinta, rencana pada tanggal 29 Maret 2022, di Gua Ngingrong Wonosari Gunungkidul; Nikah Bareng Pesona Merapi, 19 Mei 2022, di Kemuning Kopi dan Senja, Pulowatu Sleman, dan Nikah Bareng Segoro Kidul, 8 Juni 2022, di Pantai Krakal Gunungkidul,” kata Ryan.

Acara nikah bareng tersebut dibuka oleh Bupati Bantul yang diwakili oleh Drs. Didik Warsito, M.Si selaku Asisten Pemerintahan dan  Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bantul. Dihadiri jajaran Muspika Kapanewon Pajangan Bantul, tokoh masyarakat dan tamu manten terbatas.

Ryan Budi Nuryanto selaku Ketua Fortais Golek Garwo dan Nikah Bareng Nasional saat menyampaikan pidato dihadapan 4 mempelai peserta Nikah Bareng dan tamu yang hadir. (Foto: Kiriman Ryan)

Sementara bertindak sebagai saksi nikah, Drs. Didik Warsito, M.Si dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, H. Aidi Johansyah, S Ag, MM. Prosesi nikah dipimpin langsung oleh Kepala KUA Pajangan Drs. H. Suryadi, secara bergantian sesuai prokes dengan mahar yang unik yaitu seperangkat alat sholat dan 1 ingkung ayam kampung.

“Ingkung mengandung arti filosofi Jawa yang bermakna manekung, yaitu memanjatkan doa kepada Allah. Juga merupakan kuliner khasnya Kabupaten Bantul. Jangan khawatir bagi yang masih jomblo saat ini kami membuka pendaftaran untuk mengikuti acara Golek Garwo Satukan Hati (Online), terbuka umum dan gratis,” pungkas Ryan. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments