Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsNikah Bareng Segoro Kidul, Diikuti 6 Pasang Pengantin dengan Mahar Lobster Goreng

Nikah Bareng Segoro Kidul, Diikuti 6 Pasang Pengantin dengan Mahar Lobster Goreng

bernasnews.com — FORTAIS Indonesia, Sewon, Bantul dan Pokdarwis Pantai Krakal Mutiara Mas menggelar acara ‘Nikah Bareng Segoro Kidul’, di Pantai Krakal, Kabupaten Gunungkidul, DIY, Rabu (8/6/2022).

Acara ini didukung oleh Dinas Pariwisata DIY dan Dinas Pariwisata Gunungkidul, Kemenag Kabupaten Gunungkidul, Komunitas Perias (KOPER) Gunungkidul, Paguyuban Pranatacara Yogyakarta (PPY) Kabupaten Gunungkidul, SARLINMAS Wilayah II Baron, Yayasan Giri Nurul Ilmi dan berbagai pihak, diantaranya media online bernasnews.com.

Dua penari tari Nirboyo mengawali prosesi acara Nikah Bareng Segoro Kidul. (Foto: Kiriman Ryan)

Acara bertajuk ‘Energy and Eksotisme Segoro Kidul’ menjadi istimewa dan unik, pertama di dunia karena dilakukan oleh 6 pasangan pengantin yang berasal dari Jawa dan luar Jawa, dengan menggunakan busana serta tatarias pengantin Jawa, berlokasi di sepanjang pantai Krakal, dengan mahar unik berupa cincin kawin perak 4 gram dan lobster goreng.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia pada tanggal 9 Juni, sekaligus turut mangayubagya Hari Jadi Ke-191 Gunungkidul,” terang Ketua Panitia RM. Ryan Budi Nuryanto, SE, usai kegiatan.

Dikatakan, semua peserta yang mengikuti ajang nikah bareng ini diberi fasilitas gratis, antara lain dari biaya nikah, mahar unik, cincin kawin, baju dan rias pengantin Jawa, pelaminan ala pantai, dokumentasi, pesta pernikahan ala pantai hingga bulan madu di sebuah resort di pantai Krakal Gunungkidul.

“Giat ini juga bertujuan untuk bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem laut agar generasi selanjutnya tetap bisa menikmati hasil laut dengan, sekaligus untuk meningkatkan daya tarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri,” ujar Ryan, yang juga sebagai Ketua FORTAIS Indonesia & Nikah Bareng Nasional.

Suasana ijab qobul yang dilakukan oleh salah satu pasangan pengantin peserta Nikah Bareng Segoro Kidul, yang dilakukan di bibir pantai Krakal, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (8/6/2022). Foto: Kiriman Ryan.

Acara dibuka langsung oleh Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto, S.Kom, M.Si, dengan diawali prosesi persembahan duan penari tari Nirbaya dan 12 penari tari Gambyong. Sambutan mewakili tuan ruman oleh Ketua Pokdarwis Mutiara Mas Suyadi, S.ST.

Dihadiri Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul, Kepala Kementrian Agama Gunungkidul, Panewu Tanjungsari dan Jajaran Forkom Kapanewon Tanjungsari, Lurah Desa Ngestirejo, keluarga penganti, serta wisatawan yang berkunjung di Pantai Krakal.

Sementara ijab qobul dipimpin langsung Kepala KUA Tanjungsari Edi Mustiar Amansah, S.Ag dan penghulu Drs H. Basroni, MA. Khotbah nikah oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Gunungkidul H. Zuhdan Aris, S.Ag, MA dan doa pentutup oleh Kepala Kemenag Gunungkidul Drs H. Sa’ban Nuroni, MA. Bertindak sebagai saksi nikah Wakil Bupati Gunungkidul, Pembina FORTAIS Indonesia Prof Dr Ir H. Bambang Supriyadi, CES, DEA dan Ketua FORTAIS Indonesia, Sewon, Bantul.

Seperti diketahui, FORTAIS Indonesia Sewon, Bantul dengan berbagai pihak telah menggelar acara Nikah Bareng berkonsep wedding destinasion tiga seri. ‘Nikah Bareng Segoro Kidul’ merupakan seri yang ke-4 atau terakhir, mengambil tempat di Pantai Krakal Gunungkidul. Panitia juga masih membuka kesempatan bagi masyarakat yang masih sendiri atau jomblo, dan kebingungan mencari pasangan hidup bisa ikut pada ajang Golek Garwo yang digelar rutin tiap bulan. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments