Home News Natalan Lingkungan St Agustinus Nologaten Berlangsung Meriah

Natalan Lingkungan St Agustinus Nologaten Berlangsung Meriah

695
0
Umat Katolik Lingkungan St Agustinus Nologaten, Paroki St Yohanes Rasul Pringwulung foto bersama usai mengikuti serangkaian kegiatan dalam acara Natalan bersama di Erista Garden Pakem, Sleman, Minggu (5/1/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Meski sederhana, namun perayaan Natal bersama umat Katolik Lingkungan St Agustinus Nologaten, Paroki St Yohanes Rasul Pringwulung, di Erista Garden, Pakem, Sleman, Minggu (5/1/2020) pagi hingga siang, berlangsung meriah. Ratusan umat Lingkungan St Agustinus mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia (lansia) berbaur mengikuti rangkaian acara yang dirancang panitia yang semuanya anak-anak muda.

Umat Katolik Lingkungan St Agustinus Nologaten, Paroki St Yohanes Rasul Pringwulung dengan khusuk mengikuti doa bersama sebagai rangkaian acara Natalan bersama di Erista Garden Pakem, Sleman, Minggu (5/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Acara diawali doa bersama dengan renungan singkat yang disampaikan Theresia Paskalia Dwi Laksmi Suswindarti, seorang Psikolog yang juga umat Lingkungan St Agustinus Nologaten. Setelah doa bersama, umat yang hadir mengikuti senam bersama dipimpin “instruktur” Ari Kirtanti Marno dengan iringan lagu-lagu Natal. Anak-anak hingga orang lansia pun dengan lincah mengikuti irama musik yang menghentak, atraktif dan enerjik itu, meski beberapa di antaranya agak lambat mengikuti gerakan karena faktor usia.

Umat Katolik Lingkungan St Agustinus Nologaten, Paroki St Yohanes Rasul Pringwulung mengikuti senam bersama sebagai rangkaian acara Natalan bersama di Erista Garden Pakem, Sleman, Minggu (5/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Setelah senam bersama dilanjutkan dengan aneka permainan yang menguji kreatifitas, kekompakan, kerja sama dan kesabaran, mulai dari anak-anak hingga orangtua/lansia. Di bawah rintik-rintik hujan di pagi menjelang siang itu, mereka dengan ceria mengikuti aneka permainan. Untuk anak-anak memasukkan bolpoin ke dalam botol, estafet karet dan piramida gelas, sementara para orangtua/lansia bermain memasukkan pensil ke dalam botol. Dan secara berkelompok memasukan benang ke dalam jarum, lalu menjahit dan menggulung stagen kemudian stagen yang yang sudah digulung dipasangkan kepada bapak-bapak yang ada di kelompok lalu sang bapak melakukan peragaan busana (fashion show).

Sedangkan untuk anak muda lari estafet balon, lari sambil menjepit terong. Acara juga dimeriahkan dengan tarian anak-anak, tari kupu-kupu yang dibawakan Rea dan sebagainya.

“Permainan sangat seru. Bahkan ada yang sampai terharu melihat keseruan dan kegembiraan para peserta mengikuti anek permainan,” kata Yanti Ardianti, mantan Ketua Mudika Lingkungan Brayat Minulyo Nologaten (kini Lingkungan St Agustinus Nologaten).

Rea membawakan tari kupu-kupu. Foto : Istimewa

Sementara dalam renungannya, Dwi Laksmi menguraikan secara singkat, padat dan jelas tentang makna sahabat dari tema Natal 2019 yakni Hiduplah Sebagai Sahabat bagi Semua Orang yang mengacu pada tema Natal nasional 2019.

Anak-anak Lingkungan St Agustinus Nologaten, Paroki St Yohanes Rasul Pringwulung bersiap-siap mengikuti permainan sebagai rangkaian acara Natalan bersama di Erista Garden Pakem, Sleman, Minggu (5/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Menurut Dwi Laksmi, sahabat adalah orang yang setia dalam suka dan duka, saling membawa kebaikan dan penuh pengorbanan. Dan seorang sahabat selalu hadir dalam suka dan duka, bahkan rela berkoban nyawa sekalipun. Hal ini seperti tertulis dalam kitab suci yang mengatakan bahwa tak ada kasih yang lebih besar daripada kasih dari seorang yang memberikan nyawanya bagi sahabat-sahabatnya.

“Karena setia dan penuh pengorbanan maka tak jarang ada sahabat atau teman justru lebih dekat daripada saudara kandung,” kata Dwi Laksmi.

Sejumlah umat Lingkungan St Agustinus Nologaten mengikuti sebuah permainan yang menuntut kerja sama, kekompakan dan konsentrasi penuh sebagai rangkaian kegiatan Natalan bersama di Erista Garden Pakem, Sleman, Minggu (5/1/2020). Foto : Istimewa

Karena itu, menurut Dwi Laksmi, umat Katolik pada umumnya dan umat Lingkungan St Agustinus Nologaten khususnya harus menjadi sahabat bagi siapa pun dan dengan siapa pun, dengan memenuhi syarat tersebut yakni setia, saling membawa kebaikan dan penuh pengorbanan.

Ketua Lingkungan St Agustinus Nologaten Gerardus Joko Santoso mengatakan, setiap tahun umat Lingkungan St Agustinus Nologaten selalu mengadakan Natalan bersama, baik Natalan khusus umat Katolik lingkungan maupun dengan umat Katolik satu wilayah bersama dengan umat Kristen, dengan tempat yang berganti-ganti.

Umat Lingkungan St Agustinus Nologaten senama bersama. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Untuk tahun ini, Natalan bersama khusus umat Katolik Lingkungan St Agustinus Nologaten dan penyelenggaraannya diserahkan sepenuhnya kepada anak-anak muda sebagai panitia. “Potensi anak muda dan remaja Lingkungan St Agustinus Nologaten cukup besar. Karena itu, kami berdayakan mereka dengan memberi tanggungjawab untuk menggelar acara Natalan bersama. Dan ternyata sukses dengan banyaknya umat yang hadir atau ikut dalam Natalan bersama ini,” kata Joko Santoso. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here