Monday, August 8, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsNamanya Dicatut, Perusahaan di Jogja Laporkan Kasus Penipuan Berkedok Rekrutmen Kerja

Namanya Dicatut, Perusahaan di Jogja Laporkan Kasus Penipuan Berkedok Rekrutmen Kerja

BERNASNEWS.COM – Sebuah perusahaan di Yogyakarta dicatut namanya untuk proses rekrutmen karyawan yang dipungut biaya. Hal ini dialami oleh PT Garuda Mitra Sejati yang menaungi The Rich Jogja Hotel, Jogja City Mall, Sleman City Hall dan Top Malioboro Hotel.

Kronologi kejadian tersebut yaitu pada hari Kamis, 24 Oktober 2020 pada pukul 11.00 WIB, karyawan PT Garuda Mitra Sejati mendapat konfirmasi adanya undangan test calon karyawan untuk mengikuti seleksi dengan persyaratan persyaratan administrasi yang telah ditentukan.

Nama Perusahaan telah dicatut oleh pihak  tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan PT Garuda Mitra Sejati yaitu dengan memberikan persyaratan khusus bagi calon karyawan.

Calon karyawan tersebut diwajibkan untuk memesan tiket yang telah ditentukan serta membayar sejumlah tertentu. Padahal, PT Garuda Mitra Sejati tak pernah memungut biaya untuk proses rekrutmen.

“Untuk langkah Hukum PT .Garuda Mitra Sejati telah Melaporkan Hal tersebut ke Polda DIY pada tanggal 27 Oktober 2020 dengan nomor reg 0540/X/2020/DIY/SPKT,” ujar Achiel Suyanto S, Inhouse Lawyer PT.Garuda Mitra Sejati, dalam konferensi pers, Rabu (28/10/2020).

Tak hanya masyarakat Yogyakarta saja, rupanya masyarakat dari luar Yogyakarta juga turut menjadi korban dalam kejadian ini. Salah satunya adalah masyarakat dari Jakarta.

“Kepada masyarakat pencari kerja dimohon lebih cermat,hati hati dan waspada terhadap modus yang dilakukan pelaku.¬† Oleh karena itu calon pekerja harus memastikan terlebih dahulu tentang kebenaran pengumuman pemanggilan interview tersebut,” tegasnya.

Pelaporan ini menjadi salah satu upaya perusahaan untuk menjaga kredibilitas. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk lebih hati-hati.

“Kami melaporkannya tidak hanya penipuan saja tetapi melaporkan pelanggaran Undang-Undang ITE,” ujar Diana Eko Widyastuti, Inhouse Lawyer PT Garuda Mitra Sejati.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments