Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaNadiem Makarim Menolak Bahasa Melayu Diusulkan Jadi Bahasa Resmi ASEAN

Nadiem Makarim Menolak Bahasa Melayu Diusulkan Jadi Bahasa Resmi ASEAN

bernasnews.com — Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbduristek) Nadiem Makarim menolak usulan bahasa Melayu jadi bahasa resmi ASEAN. Usulan soal bahasa resmi ASEAN tersebut sebelumnya disebutkan oleh Perdana Menteri Malaysia Dato’ Sri Ismail Sabri Yaakob.

“Saya sebagai Mendikbudristek, tentu menolak usulan tersebut,” ujar Nadiem dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/4/2022).

Nadiem mengatakan bahwa Kemendikbduristek dalam hal ini sebagai lembaga pemerintah diberi amanat untuk mengembangkan, membina, dan melindungi bahasa dan sastra Indonesia, memiliki pertimbangan tersendiri.

“Namun, karena ada keinginan negara sahabat kita mengajukan bahasa Melayu sebagai bahasa resmi ASEAN, tentu keinginan tersebut perlu dikaji dan dibahas lebih lanjut di tataran regional,” imbuh Nadiem.

Adapun alasan Bahasa Indonesia diusulkan olehnya sebagai bahasa resmi ASEAN berangkat dari bsnyak argumen. Dia mengatakan bahwa Bahasa Indonesia memiliki keunggulan historis, hukum, dan linguistik.

Gak hanya itu, bahkan di tingkat internasional, bahasa Indonesia telah menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara dan persebarannya telah mencakup 47 negara di seluruh dunia. Terlebih pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) juga telah diselenggarakan oleh 428 lembaga, baik yang difasilitasi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, maupun yang diselenggarakan secara mandiri oleh pegiat BIPA, pemerintah, dan lembaga di seluruh dunia.

“Bahasa Indonesia juga diajarkan sebagai mata kuliah di sejumlah kampus kelas dunia di Eropa, Amerika Serikat, dan Australia, serta di beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia,” katanya.

Karena itu, keunggulan yang dimiliki bahasa Indonesia membuatnya layak dijadikan sebagai bahasa pengantar untuk pertemuan-pertemuan resmi ASEAN.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments