Home Olahraga Nadeo Argawinata, Titik Balik Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020

Nadeo Argawinata, Titik Balik Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020

79
0
Pemain Timnas Singapura Ramli Faris saat gagal mencetak gol dari titik putih. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata menjadi titik balik Timnas Indonesia lolos ke babak final Piala AFF 2020. Dalam kedudukan imbang 2-2, Timnas Singapura mendapat hadiah penalti pada menit 90+1. Bila tendangan penalti itu menghasilkan gol maka Timnas Singapura menang 3-2 dan lolos ke final karena unggul agregat menjadi 4-3 karena pada pertandingan leg pertama semifinal kedua tim bermain imbang 1-1.

Namun, Nadeo Argawinata membuat cerita menjadi lain sekaligus menjadi titik balik bagi Timnas Indonesia. Ia berhasil menepis bola tendangan penalti yang dilakukan pemain Timnas Singapura Ramli Faris sehingga kedudukan tetap 2-2 hingga pertandingan waktu normal 2 x 45 menit berakhir. Pertandingan pun diperpanjang 2 x 15 menit.

Tambahan waktu 2 x 15 menit ini membuat Timnas Indonesia berada di atas angin. Sebab, Timnas Singapura hanya bermain dengan 8 pemain plus kiper setelah dua pemainnya mendapat kartu merah. Meski hanya bermain dengan 8 pemain, namun Timnas Singapura tidak begitu mudah dikalahkan.

(Baca juga: Lolos dari Lubang Jarum, Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2020)

Melalui kerja keras tanpa kenal menyerah, pada awal babak pertama perpanjangan waktu, Timnas Indonesia berhasil unggul menjadi 3-2 lewat gol bunuh diri pemain Singapura Anuar pada menit ke-91. Timnas Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 4-2 setelah Egy Maulana Fikri mencetak gol pada menit 105+1. Kedudukan 4-2 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga pertandingan berakhir.

Timnas Indonesia pun berhak lolos ke final Piala AFF 2020 dengan secara agregat 5-3. Di final, Timnas Indonesia akan bertemu Vietnam atau Thailand. Kedua tim akan menjalankan laga leg kedua semifinal pada Minggu 26 Desember 2021 pukul 19.30 WIB malam nanti. Pada leg pertama, Thailand menang 2-0 atas Vietnam.

Dikutip Bernasnews.com dari akun twitter @iextratime, ini merupakan final ke-6 Timnas Indonesia di Piala AFF sejak kompetisi ini masih bernama Piala Tiger.

Sebelumnya, pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016 Timnas Indonesia juga lolos ke final Piala AFF, namun belum pernah meraih juara. Para penggemar sepakbola pun berharap Timnas Indonesia bisa meraih juara Piala AFF 2020. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here