Home News Museum di DIY Mulai Dibuka secara Bertahap

Museum di DIY Mulai Dibuka secara Bertahap

821
0
Para pengurus dan anggota Barahmus DIY mengadakan rapat secara virtual, Kams (4/6/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Museum-museum anggota Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY mulai dibuka secara bertahap dengan memenuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. Salah satu museum yang sudah dibuka dengan memenuh protokol kesehatan yang ditentukan adalah Tembi Rumah Budaya yang mengelola hotel, rumah makan dan museum.

“Untuk museumnya masih terbatas menerima pengunjung yaitu keluarga maksimal 10 orang. Tembi Rumah Budaya buka dengan memenuh protokol kesehatan yang dtentukan,” kata R Bambang Wdodo SPd MPd, Ketua Umum Barahmus DIY, kepada Bernasnews.com, Jumat (6/6/2020).

Menurut Bambang Wdodo, pada Kamis (4//6/2020), Pengurus dengan Anggota Barahmus DIY mengadakan rapat secara virtual. Salah satu hasil rapat adalah bahwa menghadapi “New Normal” pandemi Covid-19 di DIY, maka sambil menanti SOP dari Pemda DIY, Kepala-kepala museum dapat mencontoh museum yang mulai buka secara bertahap, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Para pengurus dan anggota Barahmus DY yang mengikuti rapat secara vrtual, Kams (4/6/2020). Foto : Istmewa

Kemudian, selama 6 bulan yang akan datang selama siswa belajar di rumah, museum-museum DIY proaktif ikut berperan mengembangkan program “Penguatan Pendidikan Karakter” di antaranya menyajikan virtual museum masing-masng dan Wajib Kunjung Museum (WKM) bekerjasama dengan Disbud dan Disdikpora Propinsi/ Kabupaten/Kota di DIY.

Dan Tim Barahmus DIY yang diketuai V Agus Sulistyo SPd MA (Wakabid Kominfo) akan membuat brosur “Protokol Museum” bagi pengeloa dan pengunjung museum DIY dengan mengacu SOP Pemda DIY dan lain-lain. Kemudian, sehubungan dengan Danais tidak memungkinkan untuk membantu dampak pandemi Covid-19 bagi pegawai museum, maka Kepala Museum bersama Ketua Forum Komunikasi Museum (FKM) di Kabupaten/Kota se- DIY agar menjalin hubungan kerjasama dengan stakeholder/instansi/lembaga/CSR yang terkait untuk ikut membantu mengatasinya.

Dalam rapat yang dkut 39 peserta (DPP AMI, Penasehat, Pengawas, Pengurus dan Anggota Barahmus DIY) dengan host RM Donny Surya Megananda SSI MBA.(Kabid Kominfo & Kerjasama Barahmus DIY) tersebut juga disepakati bahwa bantuan AMI Pusat berupa barang (masker biasa 1.000 lebih, masker medis 500 buah untuk cegah Covid-19 akan dibagikan secara proporsional kepada museum yang memerlukan oleh Sekretariat Barahmus DIY. Sedangkan bantuan dana Rp 2,5 juta untuk membeli hand sanitizer dan operasional.

R Bambang Widodo SPd MPd, Ketua Umum Barahmus DIY, Jumat (6/6/2020).

Untuk pengajuan bantuan ke AMI Pusat tahun 2021, tim yang diketuai Kabid Litbang Barahmus DIY Dr Ir KRT Nur Suhascaryo MT akan mengirim quesioner untuk mendata dampak pandemi Covid-19 bagi Museum-2 DIY dan museum yang membutuhkan bantuan pembangunan fisik.

Menurut Bambang Widodo, museum di DIY tutup 3 bulan (Maret sd Mei 2020). “Jika terus tutup, maka beban berat, khususnya museum swasta, sementara tidak ada bantuan dar pemerintah. Dan secara bertahap museum-museum akan menyesuaikan buka kembali dengan mematuhi protokol kesehatan dengan menunggu SOP dari Pemda DIY,” kata Bambang Widodo. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here