Home News Mulai 2022 PUPR Terapkan Sistem Pembayaran Tol Nontunai Nirsentuh

Mulai 2022 PUPR Terapkan Sistem Pembayaran Tol Nontunai Nirsentuh

56
0
Mulai tahun 2022, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melalui @pupr_bpit akan sistem pembayaran atau transaksi tol non tunai tanpa sentuhan/nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF). Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Mulai tahun 2022, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melalui @pupr_bpit akan sistem pembayaran atau transaksi tol non tunai tanpa sentuhan/nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Sistem ini ditargetkan siap diterapkan pada akhir tahun 2022 pada 40 ruas tol di Pulau Jawa dan Bali. Menurut Kementerian PUPR yang dikutip Bernasnews.com dari akun Instagram Kementerian PUPR @kemenpupr yang diunggah pada hari Senin, 22 November 2021, sistem MLFF merupakan inovasi berupa sistem pembayaran nontunai nirsentuh yang menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran jalan tol di Indonesia.

Hal ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR melalui @pupr_bpjt untuk terus mendorong peningkatan kualitas layanan jalan tol, termasuk melalui Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Pembangunan jalan tol Jogja-Solo sudah dimulai dri pintu masuk tol di Desa Kuiran, Kecamatan Bayudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Foto: repro metrotv/Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Dikutip Bernasnews.com dari laman bpjt.pu.go.id, Sistem Transaksi Nontunai berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) merupakan transaksi pembayaran tol yang dilakukan dalam kecepatan normal menggunakan teknologi nirsentuh. Dalam sistem ini, pengguna tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol apalagi mengantri saat melakukan pembayaran.

Saat kendaraan melewati pintu tol, saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi di ponsel akan langsung terpotong. Teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu Global Navigation Satelit System (GNSS) merupakan sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit. Dengan sistem ini, pengendara tidak perlu berhenti di gerbang tol sehingga dapat mempersingkat waktu tempuh.

“Sistem transaksi ini menerapkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) pada aplikasi khusus jalan tol di smartphone. Selanjutnya GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif,” demikian penjelasan di bpjt.pu.go.id.

Hal ini berbeda dengan sistem pembayaran sebelumnya dimana pengemudi membutuhkan waktu untuk membuka kaca kendaraan kemudian melakukan tapping kartu elektronik.

Akhirnya diterapkan teknologinya. Keren bgt @pupr_bpjt,” komentar akun Instagram pupr_perumahan_jawa3.

waoooww keren banget nih,” komentar akun ekawati139. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here