Home News Mulai 12 Juli, Perjalanan dalam Satu Wilayah Algomerasi Hanya untuk Sektor Esensial...

Mulai 12 Juli, Perjalanan dalam Satu Wilayah Algomerasi Hanya untuk Sektor Esensial dan Kritikal

121
0
Bus pariwisata. Foto : Dok Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Guna menekan atau mengurangi mobilitas warga hingga 30 persen sampai dengan 50 persen, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperketat perjalanan dengan transportasi umum dan pribadi di masa PPKM Darurat.

Ketentuan pengetatan transportasi umum dalam satu wilayah algomerasi itu tertuang dalam perubahan 2 surat edaran terkait pengetatan perjalanan dengan transportasi umum dan pribadi di masa PPKM Darurat, yang berlaku mulai 12 Juli 2021.

Perubahan SE ini berlaku untuk sektor perhubungan darat dan perkeretaapian dengan 2 poin perubahan, yakni untuk perjalanan rutin dalam satu aglomerasi (wilayah) dengan moda transportasi apapun (darat, sungai/danau/penyeberangan, dan kereta api komuter) baik kendaraan pribadi maupun umum hanya berlaku untuk kepentingan sektor esensial dan kritikal.

Selain itu, perjalanan tersebut wajib dilengkapi dengan persyaratan dokumen berupa Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau surat keterangan lain yang dikeluarkan oleh pemda setempat dan/atau surat tugas yang ditandatangani pimpinan perusahaan atau pejabat minimal eselon 2 (untuk pemerintahan) dan berstempel/cap basah atau tanda tangan elektronik.

Perubahan SE ini berlaku efektif mulai 12 Juli 2021 selama PPKM Darurat berlangsung hingga 20 Juli 2021. “Kita harus mengambil langkah tegas dalam membendung penyebaran COVID-19. Pemerintah pusat, Kepala Daerah hingga RT/RW bekerja bersama dalam perang melawan COVID-19.Patuhi PPKM Darurat dengan tidak bepergian, pakai masker dengan benar, cuci tangan pakai sabun. Dan lapor RT dan Satgas COVID-19 setempat untuk semua kejadian,” demikian dikutip Bernasnews.com dari laman covid19.go.id, Selasa 13 Juli 2021. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here