Home Olahraga Mukhlis Hamidi dari Klaten, Juara Turnamen Catur Segoro Mukti

Mukhlis Hamidi dari Klaten, Juara Turnamen Catur Segoro Mukti

890
0
Lurah Desa Srigading, Kecamatan Sanden Wahyu Widada foto bersama panitia Turnamen Catur Segoro Mukti ke-3 tahun 2019 di Aula Balai Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, , Selasa (31/12/2019) malam. Foto : Sutanto

BERNASNEWS.COM – Pecatur senior asal Klaten Mukhlis Hamidi MN berhasil menjadi yang terbaik di Turnamen Catur Segoro Mukti ke-3 di Aula Balai Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, , Selasa (31/12/2019) malam, dengan mangkumulasi 6,5 poin. Dengan keberhasilan itu, ia berhak memboyong trofi tetap dan uang pembinaan, diikuti Iswar Ade MN (Grobogan) dan Andhita Wicaksono (Bantul).

Pimpinan pertandingan Sutanto WNP (duduk/tengah) memimpin langsung babak play off untuk menentukan juara antara Mukhlis Hamidi MN (Klaten) dan Iswar Ade MN (Grobogan) pada Turnamen Catur Segoro Mukti ke-3 tahun 2019 di Aula Balai Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Selasa (31/12/2019) malam. Foto : Istimewa

Poin Mukhlis diperoleh dari kemenangan atas Michael Anggit Prasaja (Pajangan), Riyadi (Kretek), Sudarno (Kasihan), Waris Sudarminto (Srandakan) RY Harto (Jogja), Tumpak Sinurat (Kota Bandung) dan draw dengan Iswar Ade (Grobogan).

Pimpinan pertandingan Sutanto WNP menjelaskan, setelah babak terakhir (babak ke-7) nilai Mukhlis dan Iswar Ade sama persis, baik perolehan kemenangan, buchhloz tie break 1, buchhloz tie break 2 dan sonneborn berger tie break variable. Sehingga untuk menentukan peringkat 1 dilakukan play off (pemain putih dengan waktu pikir 6 menit, pemain hitam dengan waktu pikir 5 menit).

Peringkat 3 besar bergambar bersama panitia usai Turnamen Catur Segoro Mukti ke-3 tahun 2019 di Aula Balai Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Selasa (31/12/2019) malam. Foto : Istimewa

“Dengan disaksikan wasit dan peserta lain, akhirnya dimenangkan Mukhklis. Dengan demikian dialah yang berhak menyandang predikat juara,” kata Sutanto kepada Bernasnews.com, Kamis (2/1/2020).

Turnamen yang digelar pada pergantian tahun 2019 ke 2020, Selasa (31/12/2019) malam dengan wasit Isdi Raharjo dan Rusmidjan dari Pengkab Percasi Bantul, diikuti 60 peserta. Di antara peserta ada yang bergelar Master Fide 1 orang dan 6 Master Nasional berasal dari berbagai daerah seperti Badung Bali, Kabupaten Bandung, Klaten, Surakarta, di samping dari DIY sendiri. Pertandingan menggunakan sistem swiss catur cepat 15 menitan berlangsung mulai pukul 09.00 malam sampai pukul 02.00, Rabu (1/1/2020) dinihari.

Ketua Klub Catur Kuda Kencana H Riyanto merasa bangga karena banyak peserta dari luar daerah bisa ikut serta. “Kami rutin mengadakan turnamen. Tahun 2005-2011 dengan nama Kuda Kencana Cup, 2012-2016 dengan nama Kades Cup dan mulai 2017 dengan nama Segoro Mukti Cup. Jadi tahun 2019 ini tajuknya adalah Segoro Mukti yang ke 3 kalinya,” imbuh Riyanto.

Pecatur Master Fide (MF) Tumpak Sinurat (kiri berkaos hitam) jauh-jauh dari Kota Bandung hanya untuk menfikuti dan memeriahkan Turnamen Catur Segoro Mukti ke-3 tahun 2019 di Aula Balai Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Selasa (31/12/2019) malam. Foto : Istimewa .

Para peserta merasa antusias. Sambil menikmati suasana pergantian tahun mereka enjoy bermain catur dengan free snack dan minum teh, kopi, jahe dari panitia. Bahkan Master Fide Tumpak Sinurat sudah hadir sejak pagi di Srigading dan menyempatkan melihat panorama pantai selatan. “Saya pribadi berharap, tahun depan turnamen ini bisa rutin diadakan dengan hadiah yang lebih besar tentunya,” ujarnya sembari tersenyum.

Melihat antusiasme peserta, Lurah Desa Srigading Wahyu Widada akan mengupayakan turnamen bisa tetap digelar untuk waktu mendatang. “Kalau tahun ini total hadiah yang disediakan Rp 3 juta, semoga tahun 2020 bisa meningkat menjadi Rp 4 juta,” kata Wahyu.

Pecatur Grobogan Iswar Ade MN (kanan) saat menundukkan pecatur Kota Bandung Tumpak Sinurat pada Turnamen Catur Segoro Mukti ke-3 tahun 2019 di Aula Balai Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Selasa (31/12/2019) malam. Foto : Istimewa

Hasil lengkap pertandingan adalah peringkat 1-3 Mukhlis Hamidi MN (Klaten), Iswar Ade MN (Grobogan) dan Andhita Wicaksono (Bantul). Kemudian peringkat 4-10 TB Ahmad (Jogja), RY Harto MN (Jogja), Rusli (Pandak), Tjhin Hau MN (Bali), Tumpak Sinurat MF (Jawa Barat), Robby Katana (Surakarta) dan Suciptadi (Bantul). (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here