Home Pendidikan MM FEB UAD Selenggarakan Pelatihan SEM Smart PLS

MM FEB UAD Selenggarakan Pelatihan SEM Smart PLS

233
0
Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan (MM FEB UAD) menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Structural Equation Modeling (SEM) Smart PLS” melalui daring, tanggal 26 November 2020. Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan (MM FEB UAD) menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Structural Equation Modeling (SEM) Smart PLS” melalui daring. Kegiatan tersebut ditujukan bagi  dosen Program MM FEB UAD.

Kegiatan disalenggrakan pada akhir bulan November lalu, tepatnya tanggal 26 November 2020. Narasumber pelatihan adalah, Dr. Lilik Wahyudi, M.Si selaku Konsultan dan Dosen FEB UNS dan bertindak sebagai moderator Dr. Zunan Setiawan, MM, Dosen Prodi MM FEB UGM. Dihadiri oleh dosen-dosen MM UAD diantaranya, Dr. Utik Bidayati. MM, Dr. Purwoko. MM, Dr. Ifada Rahmayanti. MM, Dr. Iskandar Zulkarnain MBA,  Dr. Abdul Choliq MSi, dan Dr. Ema Nurmaya. MM.

“Pelatihan ini berbasis pada Structural Equation Modeling (SEM) yang merupakan salah satu teknik analisis multivariate lanjutan yang banyak digunakan oleh peneliti,” ungkap Dr. Aftoni Sutanto, M.Si selaku Kaprodi MM FEB UA, melalu rilis yang dikirim, Selasa (1/12/2020). Menurut Aftoni, riset dengan alat SEM banyak digunakan dalam riset bidang manajemen.

Sementara Dr. Fitroh Adilla, M.Si selaku Sekretaris Prodi MM FEB UAD berharap pelatihan ini akan membantu dosen dalam melakukan riset di bidang sosial, termasuk manajemen. “Pelatihan ini bertujuan membantu dosen Program MM FEB UAD untuk memahami dan mampu mengaplikasikan metode SEM dalam kolaborasi riset sosial dengan menggunakan berbasis software SmartPLS,” papar Dr. Fitroh Adilla, M.Si.

Dalam simpulan akhir, Zunan selaku moderator memperkuat kembali pernyataan dari narasumber, bahwa SEM Smart PLS menjadi alternatif teknik analisis, karena dalam menentukan indikator bisa berbasis teori atau mengadaptasi indikator studi terdahulu. “Bersifat reflektif dan formatif, sampel terbatas, dan asumsi distribusi estimasi langsung menggunakan teknik bootstrapping,” pungkas Zunan. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here