Home News Misa dan Perayaan Paskah ASN, Membangun Persaudaraan Sejati

Misa dan Perayaan Paskah ASN, Membangun Persaudaraan Sejati

269
0
Panitia Misa dan Perayaan Paskah ASN Katolik foto bersama Mgr Ignatius Kardinal Suharyo (kedua dari kiri), usai audiensi di Wisma Keuskupan Agung Jakarta. Paling kiri B Dwita Pradana (Deputi BPK RI), Kardinal Suharyo, Romo PC Siswantoko Pr (Sekretaris Kerawam KWI) dan Elisabeth Setyaningsih (Ketua Panitia). Foto: Dokumen Pribadi

BERNASNEWS.COM – Komisi Kerasulan Awam Konferensi Waligereja Indonesia (Kerawam KWI) mengajak umat Katolik yang menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memiliki jiwa nasionalis dan patriotik.

Ajakan itu digemakan dalam Misa dan Perayaan Paskah ASN Katolik se-Indonesia di Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga Katedral Jakarta, yang diselenggarakan pada Minggu, 18 April 2021, mulai pukul 11.00 secara live streaming melalui Hidup TV dan siaran langsung TVRI.

Misa Paskahan ASN ini akan dipimpin Ketua KWI yang juga Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr Ignatius Kardinal Suharyo ini didampingi tiga pastor, yakni Pastor Kolonel Yoseph Maria Marcelinus Bintoro Pr (Wakil Uskup Ordinariat Militer Indonesia), Pastor Paulus Christian Siswantoko Pr (Sekretaris Komisi Kerawam KWI) dan Pastor Agustinus Heri Wibowo Pr (Sekretaris Komisi HAK KWI).

Komisi Kerawam KWI selaku penyelenggara dibantu Komunitas Forum Gaudium et Spes (Forges) Indonesia, mengundang ASN Katolik dari seluruh kementerian dan lembaga tinggi negara, baik yang bekerja di Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. 

Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr Ignatius Kardinal Suharyo bersama Pastor Kolonel Yoseph Maria Marcelinus Bintoro Pr (Wakil Uskup Ordinariat Militer Indonesia), Pastor Paulus Christian Siswantoko Pr (Sekretaris Komisi Kerawam KWI) dan Pastor Agustinus Heri Wibowo Pr (Sekretaris Komisi HAK KWI) akan memimpin Misa dan Perayaan Paskah ASN Katolik se-Indonesia di Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga Katedral Jakarta, Minggu, 18 April 2021 mulai pukul 11.00 secara live streaming melalui Hidup TV dan siaran langsung TVRI. Foto : Anton Sumarjono

Ketua Panitia Misa dan Perayaan Paskah ASN Katolik Elisabeth Setyaningsih menjelaskan, acara ini disiapkan oleh para volunter dari berbagai komunitas awam Katolik. Mereka merespon kerinduan beberapa ASN Katolik yang ingin berhimpun dan saling mengenal. “Kesempatan para ASN ini berhimpun dalam perayaan misa dan silaturahmi walau secara virtual, semoga dapat mendorong para ASN untuk tetap berpegang pada iman Katolik, dan memiliki semangat nasionalis dan patriotik, dalam menjalankan tugas sebagai ASN di kementerian dan lembaga masing-masing,” tutur Elis-sapaan Elisabeth Setyaningsih.

Panitia menambahkan, tercetusnya tema “100 persen Katolik, 100 persen Patriotik” ini terinspirasi dari jargon yang sangat terkenal dari Mgr Albertus Soegijopranata SJ, yakni: 100 persen Patriotik, 100 persen Indonesia. Tema ini untuk menegaskan supaya ASN mau berkarya dan membantu pemerintah, dengan berlandaskan semangat nasionalis dan patriotik!

Sekretaris Kerawam KWI Pastor Paulus Christian Siswantoko Pr mengajak para ASN Katolik untuk menghidupi iman akan Yesus Kristus  dan terus berjuang mewartakan Kabar Gembira di lingkungan pemerintahan sebagai abdi masyarakat.

Misa dan Perayaan Paskah ASN Katolik ini, kata Pastor Koko-sebutan akrabnya-di samping untuk bersyukur atas karya Tuhan yang telah mendampingi para ASN Katolik dalam menjalankan tugas dan pelayanannya, juga ingin membangun kebersamaan yang penuh kasih sebagai sesama ASN Katolik.

“Beban pelayanan dan tantangan yang dihadapi  oleh para ASN, khususnya, pada zaman seperti sekarang ini memang tidak mudah dan tidak ringan. Apalagi saat ini bangsa Indonesia sedang berjuang untuk keluar dan pandemi Covid-19 dan ditambah lagi dengan berbagai bencana alam yang datang silih berganti,” tutur imam diosesan Keuskupan Purwokerto ini.   

Pastor Koko menambahkan, dalam kondisi seperti itu, para ASN sebagai pelayan masyarakat, diharapkan tetap kuat dan teguh secara rohani dan jasmani, sehingga masyarakat yang hidupnya sedang berat ini mendapatkan kelegaan,  kekuatan, dan penghiburan dari para ASN.

Oleh karena itu, Pastor Koko berharap, dari adanya Misa dan Perayaan Paskah ASN Katolik ini akan memberikan oase rohani (kesegaran rohani) bagi para ASN yang berkarya di berbagai kementerian dan lembaga pemerintah untuk  terus berkarya guna terwujudnya kesejahteraan bersama berdasarkan nilai-nilai kristiani.

Selain itu, membangun dan memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan sesama ASN. Persaudaraan ini menjadi sangat penting karena bisa saling menguatkan, menyemangati, dan membantu satu sama lain sehingga para ASN sebagai komunitas umat beriman semakin bersemangat dalam  keterlibatannya membangun bangsa.

Di tengah kehidupan bangsa yang pluralis ini para ASN Katolik semakin menyadari dan bangga dengan jatidirinya sebagai ASN Katolik dan kesadaran itu juga semakin mendorong mereka untuk membangun kerja sama, bersaudara, dan berbelarasa dengan para ASN lainnya yang berbeda agama,suku, dan golongan.

Panitia Misa dan Perayaan Paskah ASN Nasional 2021 mengundang perwakilan dari semua kementerian dan lembaga tinggi negara untuk hadir mengikuti misa dan silaturahmi secara offline. Namun jumlahnya sangat terbatas, sesuai dengan kuota yang diijinkan oleh Satgas Covid 19 Keuskupan Agung Jakarta, yaitu maksimal 40 orang.

Undangan khusus dikiirim ke para pejabat Katolik seperti Menteri Komunikasi dan Informasi Johny G. Plate, Wakil Menteri Pertanahan dan Agraria Surya Chandra, dan panitia juga mengundang Menteri Agama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Menteri Sekretaris Negara, Kepala BKN, Ketua Kopri Nasional. (Anton Sumarjono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here