Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsMirip Flu, Ini Gejala Varian Omicron yang Perlu Anda Tahu

Mirip Flu, Ini Gejala Varian Omicron yang Perlu Anda Tahu

BERNASNEWS.COM – Meskipun varian Omicron menimbulkan gejala ringan dan mirip flu, namun masyarakat diminta agar tidak lengah dan tetap melaksanakan protokol kesehatan di mana pun berada. Menurut Kominfo DIY, ada sedikit perbedaan yang bisa membantu masyarakat membedakan kedua kondisi kesehatan tersebut (flu dan Omicron).

Dikutip Bernasnews.com dari akun twitter resmi Kominfo DIY, gejala yang khas pada Omicron adalah hidung tersumbat atau rinore, batuk, nyeri tenggorokan terutama tenggorokan gatal.

“Meski sedikit mirip dengan gejala flu namun flu jarang disertai sakit tenggorokan dan lebih cenderung disertai pilek dan batuk-batuk,” ujar Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Persatuan Dokter Paru Indonesia (PPDPI) Erlina Burhan dikutip Bernasnews.com di akun twitter Kominfo DIY.

Dikatakan, berdasarkan laporan Centers for Disease Control and Prevention pada Desember 2021, gejala omicron ditemukan adalah batuk 89 persen, fatique 65 persen, hidung tersumbat atau rirone 59 persen, demam 38 persen, mual atau muntah 22 persen, sesak nafas 16 persen, diare 11 persen, anosmia atau ageusia 8 persen.

Menurut Kominfo DIY, penularan varian Omicron yang mulai didominasi transmisi lokal menjadi alarm bagi kita semua untuk kembali menerapkan seluruh protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi Covid-19.

Mengutip data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, menurut Kominfo DIY, perkembangan total orang yang terinfeksi varian Omicron di Indonesia pada 24 Januari 2022 sebanyak 1.626 kasus. Bahkan, berdasarakan data New All Record Kemenkes RI, tercatat adanya tren kasus peningkatan dalam 4 minggu terakhir (1-22 Januari 2022).

Meskipun varian Omicron menimbulkan gejala ringan dan mirip flu, ada sedikti perbedaan yang bisa membantu sedulur membedakan kedua kondisi kesehatan tersebut. Sumonggo simak infografis di atas Jangan lengah, tetap laksanakan protokol kesehatan dimanapun Sedulur berada,” cuit Kominfo DIY. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments