Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsMinum Ayo "tirtamarta", Segarnya Nyata!

Minum Ayo “tirtamarta”, Segarnya Nyata!

bernasnews.com — Dari sumber mata air lereng gunung Merapi kejernihan dan kesegaran alami, kami ambil dan kami sajikan untuk Anda dalam bentuk air mineral dalam kemasan Ayo Tirtamarta. Demikian penggalan bunyi narasi video yang diputar dalam acara Pengenalan Produk Ayo “tirtamarta”, Kamis (31/3/2022), di Ruang Bima Balaikota Yogyakarta.

Acara pengenalan produk air minum kemasan produksi PERUMDA PDAM Tirtamarta Yogyakarta itu dihadiri Walikota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyuti, Wakil Walikota Drs. Heroe Poerwadi, MM, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadijaya, MM, Perwakilan OPD Kota Yogyakarta, dan Jajaran Manajemen PERUMDA PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta.

Suasana pengenalan air minum dalam kemasan Ayo Tirtamarta produksi PERUMDA PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Kamis (31/3/2022), di Gedung Bimo, Balaikota Yogyakarta. (Nuning Harginingsih/ bernasnews.com)

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam sambutannya mengatakan, bahwa Ayo “tirtamarta” sekarang sudah resmi menjadi air minum mineral kemasan Pemerintah Kota Yogyakarta. “Apapun makanannya minumnya harus Ayo “tirtamarta”,” tegas orang nomor satu di Pemkot Yogyakarta, mengutip iklan minuman kemasan.

Pihaknya juga berharap agar Ayo “tirtamarta” mempunyai nilai lebih dibanding dengan produk air mineral yang berada di pasaran. Sementara untuk saat ini air mineral kemasan Ayo “tirtamarta” tersedia dalam 2 jenis kemasan yaitu, kemasan dalam botol praktis dan kemasan dalam galon.

Direktur Utama PERUMDA PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta Majiya, SE, MM mengungkapkan, bahwa untuk memperkenalkan air mineral kemasan Ayo “tirtamarta” dari soal perijinan, pengurusan Balai POM, dan sebagainya membutuhkan waktu sampai 8 bulan lebih.

Direktur Utama PERUMDA PDAM Tirtamarta Yogyakarta Majiya, SE, MM saat menjelaskan proses produksi air minum dalam kemasan Ayo Tirtamarta, di salah satu instalasi pengolahan air. (Foto: Tangkapan Layar Video)

“Kami mengucapkan terima kasih pada semua pihak  yang telah membantu PERUMDA PDAM Tirtamarta Yogyakarta, sehingga air mengalir sampai ke pelanggan dan PDAM Tirtamarta dapat membuat inovasi baru dengan membuat air mineral yang sehat Ayo “tirtamarta”,” kata dia.

Menurut Majiya, dengan pertimbangan prinsip – prinsip keberlangsungan lingkungan, penelitian, kedisiplinan dan keselamaan kerja air mineral Ayo Tirtamarta telah diolah dan diproduksi sesuai kaidah dan parameter yang ditentukan dalam SNI 3553 Tahun 2015.

“Langkah proses produksi Ayo “tirtamarta” sangat ketat dan ada 7 langkah proses meliputi proses pengelolaan air baku dengan penyaringan filter carbon dan filter cartridge agar air baku bebas dari kotoran yang terlihat melayang-layang,” paparnya.

Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA berkesempatan menjadi bintang iklan endoser Ayo Tirtamarta. (Foto: Tangkapan Layar Video)

Kemudian dilanjutkan dengan penyaringan menggunakan Reverse Osmosis (RO) untuk menghasilkan air dengan kejernihan yang sagat tinggi atau mempunyai Total Dissolved Solid (TDS) kurang dari 10 miligram per liter.

“Hasil pengolahan RO dipompa menuju alat Oxidatiio Reduction Potensial (ORP) untuk menghasilkan pH 8 plus. Selanjutnya sterilisasi dengan Ultra Violet dan Ozoner, air dialirkan menuju mesin fiiiling botol dan galon, berikutnya pelabelan dan pencatatan expire date, serta pengemasan dalam dos.” Terang Majiya.

Pengontrolan kualitas dilakukan di bak akhir, dengan melakukan pengujian air terhadap pH, TDS dan kandungan ozon dan pengontrolan kemasan expire date di jalur konveyor dan pengontrolan kondisi botol pada saat akan dimasukkan ke dalam dos.

“Saat ini volume produksi air minum dalam kemasan Ayo “tirtamarta” berkisar 6.000 botol perhari kemasan 330 ml, sedangkan potensi peningkatannya masih bisa 50 persennya. Minum Ayo “tirtamarta”, Segarnya Nyata,” pungkas Majiya. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments