Home Pendidikan MGMP Sejarah SMA/MA se-Kabupaten Sleman Berkunjung ke BPCB DIY

MGMP Sejarah SMA/MA se-Kabupaten Sleman Berkunjung ke BPCB DIY

171
0
Para guru sejarah yang tergabung dalam MGMP Sejarah SMA/MA se-Kabupaten Sleman foto bersama saat berkunjung ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY di Bogem, Kalasan, Sleman, Rabu (16/110/2019). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM — Sebanyak 36 guru sejarah SMA/MA yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah SMA/MA se-Kabupaten Sleman melakukan kunjungan lapangan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Rabu (16/110/2019). Kunjungan ini merupakan pelaksanaan program kerja MGMP Sejarah SMA/MA Kabupaten Sleman.

“Kunjungan ini dimaksudkan untuk menimba ilmu sekaligus melihat langsung benda cagar budaya yang telah ditemukan dan disimpan di BPCB DIY di Bogem, Kalasan, Sleman,” kata Dra Chatarina Etty SH M.Pd MSi, salah satu pimpinan rombongan, yang dihubungi Bernasnews.com, Kamis (17/10/2019).

Para guru anggota MGMP Sejarah SMA/MA se-Kabupaten Sleman dengan serius menyimak penjelasan pengelola Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY di kantor BPCB DIY, Rabu (16/10/2019). Foto : Istimewa

Dra Chatarina Etty yang bersama Sigit Susilo SPd dan Dra Ety Nurwahyuni M.Pd, memimpin rombongan, mengatakan, dalam kunjungan itu mereka diberi kesempatan untuk berdialog dengan pengelola BPCB DIY seputar benda cagar budaya. Sebaliknya, pimpinan rombongan menyampaikan tujuan kunjungan. Para anggota MGMP juga menanyakan kegiatan dan program BPCB DIY yang bisa diakses oleh sekolah SMA/ MA guna menambah wawasan dan pengalaman para siswa.

Menurut Chatarina Etty, kunjungan ini juga dalam rangka menjalin kerja sama BPCB DIY dengan sekolah-sekolah SMA se-Kabupaten Sleman dalam mata pelajaran sejarah agar siswa tidak hanya mendapat pengetahuan secara teori tentang Kerajaan Mataram klasik (Kerajaan Mataram Hindu/Medang Kamulan) tetapi juga dapat melihat langsung peninggalan-peninggalan Kerajaan tersebut.

Sebagian guru anggota MGMP Sejarah SMA/MA se-Kabupaten Sleman foto bersama di depan Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Rabu (16/110/2019). Foto : Istimewa

” Kunjungan ini menjadi fungsi pembuka jalan bagi para guru sejarah di Kabupaten Sleman untuk memudahkan kerja sama para guru sejarah/sekolah dengan BPCB DIY agar juga mendapatkan beberapa fasilitas gratis ketika mengunjungi situs-situs tersebut, seperti candi, petilasan, artefak dan lain-lain,” kata Chatarina Etty. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here