Home Opini Mewujudkan Perdamaian di Tengah Pandemi Covid 19

Mewujudkan Perdamaian di Tengah Pandemi Covid 19

172
0
Drs Djati Julitriarsa MM, Dosen STIM YKPN Yogyakarta

BERNASNEWS.COM –Tanggal 1 Januari merupakan hari yang bersejarah bagi seluruh umat manusia, karena merupakan tahun baru, yang dirayakan di seluruh dunia sekaligus hari peringatan perdamaian dunia. Hal ini menegaskan bahwa setiap insan yang hidup di dunia harus bersedia untuk merencanakan hidupnya selama satu tahun ke depan, dan dituntut pula untuk mampu menciptakan perdamaian di dunia ini tanpa terkecuali.

Maka tidak bisa tidak, setiap manusia mempunyai kewajiban bagaimana hidupnya menjadi lebih berarti bagi sesama manusia dan bagi lingkungan hidup lainnya, sehingga mampu menciptakan ekosistem yang berguna bagi setiap kehidupan di dunia ini.

Bagi bangsa Indonesia sendiri, maka sudah selayaknya kalau kemudian setiap warga negara di bumi pertiwi ini dapat menciptakan suasana yang aman, damai dan bahkan mampu menyembangkan pikiran dan tenaganya guna menciptakan hal tersebut bagi kehidupan.

Setiap warga negara dituntut untuk wajib menciptakan suasana kehidupan yang kondusif, terutama bagi sesama manusia. Namun apa mau dikata, bahwa tahun baru ini kita semua masih menghadapi tantangan yang cukup serius, bahkan dialami oleh dunia, yakni dengan adanya pandemi Covid 19 yang nampaknya belum juga hilang, dan disana-sini masih saja terjadi penyebaran yang tinggi yang diakibatkan adanya penerapan protokol kesehatan yang belum dilakukan oleh setiap orang, guna menangkal virus yang satu ini.

Sebagai suatu bangsa yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, maka sudah selayaknya kalau kita semua ingat kembali terhadap tugas pokok kita dalam mewujudkan masyarakat adil makmur berdasar Pancasila dan UUD 1945 tersebut. Karena apa pun alasannya menegaskan bahwa setiap warga negara mempunyai kewajiban yang sama dalam upaya mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa seperti termaktup dalam Pembukaan UUD 1945.

Maka bila hal ini dilihat dari sudut pandang manajemen, secara tegas menyebutkan bahwa setiap warga negara mempunyai kewajiban untuk mampu merencanakan masa depannya agar menjadi lebih baik, melakukan kerjasama antar warga negara yang terorganisir dengan baik, saling memberi dan menerima saran yang membangun, serta mampu mengendalikan kehidupannya beserta lingkungan sekitar yang harus dijaga kelestariannya, agar kehidupan manusia semakin berkualitas.

Untuk mewujudkan perdamaian apalagi di tengah pandemi kali ini, bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dilakukan oleh setiap orang. Karena sering masih banyak dijumpai bahwa masih ada saja yang acuh tak acuh terhadap ajakan pemerintah pusat maupun daerah serta instansi terkait, guna menerapkan protokol kesehatan, yang sebenarnya sangat mudah dilakukan apabila setiap orang menyadari akan hal itu, yakni menjalankan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun setiap saat, untuk menghindarkan dari penyebaran virus Corona.

Bila hal ini dapat dilakukan oleh setiap orang yang merasa dirinya adalah warga negara yang baik, tentunya kita semua akan segera dapat terhindar dari virus ini dan dapat mewujudkan kehidupan yang sehat. Karena hanya dengan hidup sehatlah, maka perdamaian itu dapat diwujudkan secara baik.

Maka sudah tepatlah kalau dalam hal menyongsong tahun baru kali pemerintah kemudian mengajak kita semua agar merayakannya di rumah masing-masing guna menjaga tidak terjadinya kerumunan massa, yang dapat berdampak pada penyebaran virus Corona. Dan juga sudah sepantasnya kalau kemudian kita sebagai warga negara yang baik memenuhi ajakan tersebut guna menciptakan suasana yang kondusif dan mempertahankan terwujudnya perdamaian umat manusia. Selamat untuk mewujudkan perdamaian di bumi tercinta Indonesia maupun seluruh dunia. Semoga. (Drs Djati Julitriarsa MM, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here