Home News Perayaan Natal Keluarga Besar SMA Bosa Berlangsung Meriah

Perayaan Natal Keluarga Besar SMA Bosa Berlangsung Meriah

286
0
Para guru/karyawan maupun peserta didik yang mengisi acara Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar SMA Bosa Yogyakarta foto bersama pada acara penutup di Taman Budaya Yogyakarta, Senin (16/12/2019). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.

BERNASNEWS.COM – Keluarga besar SMA Bopkri I (Bosa) Yogyakarta merayakan Natal 2019 secara sederhana namun tetap meriah karena diisi dengan berbagai kesenian bernuansa Natal dari peserta didik, guru dan karyawan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Senin (16/12/2019).

Perayaan Natal yang dimeriahkan aneka seni tari, paduan suara, vocal grup dan drama kelahiran Yesus Kristus itu tidak hanya dihadiri para guru dan karyawan tapi juga peserta didik/siswa serta para pensiunan karyawan/ guru SMA Bosa.

Paduan suara bapak/ibu guru SMA Bosa tampil memukau pada Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar SMA Bosa di Taman Budaya Yogyakarta, Senin (16/12/2019). Foto : Philipis Jehamun/ Bernasnews.com

“Perayaan Natal bersama keluarga besar SMA Bosa Yogyakarta kali ini sengaja diadakan di TBY karena khusus tahun ini Natal diadakan sekalian bersama guru/karyawan, keluarga dan peserta didik. Biasanya perayaan Natal dilakukan terpisah antara pserta didik, bapak/ ibu guru dan karyawan serta keluarga yang diikuti para pensiunan. Tahun ini diselenggaraklan sekalian di TBY agar bisa menampung semua,” kata kata Drs Andar Rujito MH, Kepala SMA Bosa Yogyakarta, dalam sambutan pada Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar SMA Bosa Yogyakarta di Taman Budaya Yogyakarta, Senin (16/12/2019).

Dalam perayaan Natal yang lebih tepat disebut pentas seni bernuansa Natal karena diisi dengan paduan suara dan vocal group dengan lagu-lagu Natal maupun seni tari dan drama bernuansa Natal dari para guru/ karyawan serta dari peserta didik. Mereka silih berganti mengisi acara, seperti paduan suara dari bapak/ibu guru dan karyawan, vocal group dari peserta didik serta seni tari dan drama Natal gabungan siswa, guru dan karyawan. Paduan suara bapak/ibu guru pimpinan Heri Dwi Retnaningtyas yang akrab disapa Bu Ririn tampil memukau dengan membawakan lagu Natal Telah Tiba dan O Holy Night.

Paduan suara siswa/siswi SMA Bosa tampil memukau pada Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar SMA Bosa di Taman Budaya Yogyakarta, Senin (16/12/2019). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

“Natal kali ini sederhana, semua masih dalam konteks sederhana, masih wajar-wajar. Apresiasi pada guru dan karyawan yang punya komitmen tinggi mengikuti rangkaian persiapan hingga pelaksanaan di tengah kesibukan mengoreksi hasil ujian dan kegiatan lainya,” kata Andar Rujito.

Dikatakan, bagi SMA Bosa kegiatan ini sangat penting, tidak saja dalam konteks merayakan Natal itu sendiri tapi juga dalam rangka membangun rasa keluargaan dan kebersamaan sebagai keluarga besar SMA Bosa Yogyakarta. Dan kali ini, para pensiunan cukup banyak yang datang, antara lain dari Magelang.

Selain sebagai wahana untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan, perayaan Natal bersama ini bisa menjadi ajang untuk saling melepas rasa kangen, ketika bersama-sama di SMA Bosa dulu. “Perayaan Natal ini juga dalam rangka mengenang masa lalu dan membina kebersamaan,” kata Andar Rujito.

Vocal Group peserta didik SMA Bosa tampil memukau pada Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar SMA Bosa di TBY, Senin (16/12/2019). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Ketika menguraikan tema Natal : Membawa Kembali ke Citra Allah, Pdt Risang menekankan bahwa dalam citra Allah yang dimaksud tidak hanya soal perbuatan baik dan berdamai dalam relasi manusia dengan Tuhan dan dengan sesama manusia, tapi juga adalah relasi dengan alam. Dengan demikian, citra Allah yang dimaksud adalah bagaimana menjaga relasi baik dengan Tuhan, dengan sesama dan dengan alam .

Pdt Risang sangat prihatin melihat kondisi alam lingkungan saat ini yang memprihatinkan. Hal ini bisa dilihat dari perubahan cuaca yang tidak menentu sebagai dampak dari kerusakan lingkungan akibat ulah manusia. Karena itu, Pdt Risang mengingatkan kepada umat manusia untuk menjaga hubungan baik dengan Allah, dengan sesama dan dengan alam. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here