Home News Meski Sederhana, Perayaan Natal dan Tahun Baru Lingkungan St Agustinus Nologaten Tetap...

Meski Sederhana, Perayaan Natal dan Tahun Baru Lingkungan St Agustinus Nologaten Tetap Meriah

220
0
Suasana ibadat sabda perayaan Natal dan Tahun Baru Lingkungan St Agustinus Nologaten di Joglo Doi, Senin 3 Januari 2022malam. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM Meski sederhana dengan jumlah umat yang hadir terbatas, perayaan Natal umat Katolik Lingkungan St Agustinus Nologaten, Paroki St Yohanes Rasul Pringwulung di Joglo Doi Nologaten, Senin 3 Januari 2022 malam, tetap berlangsung meriah. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, perayaan Natal digelar secara singkat namun tetap hikmat.

Perayaan Natal hanya diisi dengan laporan Ketua Panitia Gerardus Joko Santoso dilanjutkan dengan ibadat sabda yang dipimpin prodiakon baru Bonifasius Sumarno didampingi Joko Santoso yang juga sebagai prodiakon dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada mantan prodiakon dan para lansia yang berusia 70 tahun ke atas.

Audrey pimpin paduan suara anak-anak pada perayaan Natal dan Tahun Baru Lingkungan St Agustinus Nologaten di Joglo Doi, Senin 3 Januari 2022malam. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Ibadat sabda dimeriahkan oleh paduan suara anak-anak dengan dirigen Audrey dan Rhea secara bergantian. Dalam homilinya, Prodiakon Bonifasius Sumarno menguraikan secara singkat sejarah maupun makna kelahiran Yesus Kristus.

Gerardus Joko Santoso selaku ketua panitia yang juga mantan Ketua Lingkungan St Agustinus Nologaten mengatakan, Natalan kali ini memang sengaja digelar secara sederhana dengan jumlah umat yang hadir dibatasi karena masih dalam masa pandemi Covid-19. Kesederhanaan ini juga sebagai wujud nyata dari kelahiran Yesus yang penuh kesederhanaan dengan lahir di kandang domba.

Menurut Joko Santoso, sebelum perayaan Natal panitia menggelar pasar murah paket sembako pada 19 Desember 2021. Disebut pasar karena paket senilai Rp 100.000 hanya dijual dengan harga Rp 25.000 per paket. “Ini sebagai bentuk kepedulian umat Lingkungan St Agustinus terhadap sesama dengan menjual paket sembako dengan harga murah,” kata Joko Santoso.

Perayaan Natal diakhiri dengan pembagian kado Natal untuk anak-anak serta pembagian makanan dan snack bagi seluruh umat yang hadir untuk dibawa pulang alias tidak dimakan di tempat untuk menghindari kerumunan.

Suasana ibadat sabda perayaan Natal dan Tahun Baru Lingkungan St Agustinus Nologaten di Joglo Doi, Senin 3 Januari 2022malam. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

“Benar-benar sedehana tapi tetap hikmat. Tapi kita tetap bersyukur karena bisa berkumpul dalam kesederhanaan setelah sekian lama tidak berkumpul karena pandemi Covid-19,” komentar seorang umat yang hadir. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here