Home News Meski Gunung Merapi Berstatus Siaga, Obyek Wisata Kaliurang Tetap Dibuka

Meski Gunung Merapi Berstatus Siaga, Obyek Wisata Kaliurang Tetap Dibuka

874
0
Sejumlah pengunjung foto bersama di gerbang Gardu Pandang, Kaliurang, Pakem, Sabtu (2/1/2021) pagi. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Meski sampai saat ini Gunung Merapi berstatus Siaga namun obyek wisata maupun tempat penginapan di Kaliurang, Pakem, Sleman tetap ramai. Obyek wisata tersebut juga tetap dibuka dan terbuka untuk umum pada malam Tahun Baru 2021, Kamis (31/12/2020) malam.

“Kaliurang tetap buka seperti biasa, termasuk pada malam Tahun Baru 2021. Tidak ada penutupan sampai saat ini. Sayangnya pada malam Tahun Baru 2021 sepi karena terlanjur ada isu bahwa Jogja tertutup bagi orang luar/ wisatawan sehingga gak ada yang datang ke sini,” kata Sri Wahyuningsih, pemilik Kedai Bu Ning di sebelah selatan Gardu Pandang Kaliurang, Pakem kepada Bernasnews.com, Sabtu (2/1/2020).

Menurut Sri Wahyuningsih yang akrab disapa Bu Ning, Tlogoputri juga tetap dibuka dan terbuka untuk pengunjung. Yang tertutup hanya bukit yang berada di sebelah timur Tlogoputri. “Tidak boleh mendaki ke gunung di atas Tlogoputri. Hanya terminal di Tlogoputri yang dibuka,” kata Bu Ning.

Sejumlah pengunjung berolahraga dengan jalan-jalan di Kaliurang, Sabtu (2/1/2021) pagi. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Dari pengamatan Bernasnews.com, sejak Jumat (1/1/2021) sore hingga Sabtu (2/1/2021), suasana Kaliurang tetap ramai meski tidak seramai pada masa sebelum adanya pandemi Covid-19. Beberapa tempat penginapan, seperti Vila Griya Persada, dipenuhi wisatawan yang menginap. Sejumlah tempat penginapan pun terlihat sejumlah mobil milik tamu yang diparkir di halaman tempat-tempat penginapan tersebut.

Sementara sejumlah jeep wisata hilir mudik mengangkut pengunjung/wisatwan. Di tepi jalan Taman Rekreasi Kaliurang juga dipenuhi mobil pengunjung/wisatawan.

Menurut warga setempat, Kaliurang tetap dibuka seperti biasa meski status Gunung Merapi berada di levelIII atau berstatus Siaga. “Kaliurang masih aman-aman saja untuk dikunjungi,” kata Bu Ning. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here