Home News Meski GL Zoo Tutup Sementara, Pakan Satwa Masih Aman

Meski GL Zoo Tutup Sementara, Pakan Satwa Masih Aman

424
0
Mahour atau perawat gajah sedang mengajak jalan-jalan gajah koleksi GL Zoo Yogyakarta. Foto : Humas GL Zoo

BERNASNEWS.COM – Meski obyek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta tutup sementara sebagai dampak pandemi wabah virus Corona (Covid-19), namun pemberian pakan satwa untuk koleksi kebun binatang tersebut masih aman seperti hari biasa saat tetap beroperasi atau buka.

Kabag Humas GL Zoo Eros Yan Renanda dalam rilis yang dikirim ke berbagai media, termasuk Bernasnews.com, Selasa (14/4/2020) mengaku, kebijakan penutupan kunjungan wisatawan yang semula berlaku pada 22-31 Maret lalu, yang kemudian diperpanjang hingga 30 April, membuat GL Zoo sama sekali tidak ada pemasukan. “Tapi untuk perawatan satwa dan pemberian pakan masih aman-aman saja,” kata Eros.

Gajah-gajah koleksi GL Zoo Yogyakarta sedang diajak berjalan-jalan. Foto : Humas GL Zoo

Sementara Kanit Nutrisi GL Zoo Paramitha Adelia yang akrab disapa Tata menambahkan bahwa selama diberlakukan penutupan untuk pengunjung, pasokan pakan satwa tidak menghadapi kendala karena seperti pakan ikan berupa pelet dan daging untuk harimau stok masih tersedia.

“Sejak beberapa minggu lalu kami sudah ada stok pakan ikan dan daging. Makanan segar untuk satwa lainnya juga oke-oke saja, tidak ada kendala,” kata Tata meyakinkan.

Mahout atau perawat satwa GLZo Muhammad Adi Satria sedang mengjak jalan-jalan si Bledug (kanan), bayi gajah yang lahir Rabu (25/3/2020). Foto : Humas GLZoo

Menurut Tata, dalam kondisi normal saat GL Zoo beroperasi menerima kunjungan wisatawan, biaya yang dikeluarkan untuk pakan satwa koleksinya berkisar Rp 70 juta-Rp 80 juta per minggu. Dan selama tutup terdampak wabah Corona, anggaran untuk pakan satwa sedikit ditekan menjadi Rp 60 juta-Rp 70 juta per minggu.

“Biaya paling banyak dikeluarkan untuk pakan gajah, antara Rp 10 juta-Rp 11 juta per minggu untuk delapan ekor gajah koleksi kami. Beberapa waktu lalu, satu gajah betina beranak dan anaknya masih menyusu induknya,” tutur Tata. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here