Home News Meski Ada Fatwa MUI, Ada Beberapa Masjid Tetap Gelar Sholat Jumat

Meski Ada Fatwa MUI, Ada Beberapa Masjid Tetap Gelar Sholat Jumat

532
0
Masjid Wiworojati, Jalan Suryoputran, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Diabadikan, Jumat (20/3/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Meskipun telah ada fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar penyelenggaraan sholat Jumat di masjid atau mushalla ditiadakan dan digantikan sholat Dhuhur di rumah masing-masing dalam rangka antsipasi pencegahan mewabahnya Covid-19 (Corona) yang akhir-akhir ini menunjukan peningkatan yang signifikan.

Suasana dalam Masjid Wiworojati yang sudah dicopot karpetnya untuk antisipasi wabah Covid-19. Foto diambil, Jumat (20/3/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Ada beberapa masjid di Yogyakarta tetap menyelenggarakan sholat Jumat. Seperti hasil pantauan Bernasnews.com, Jumat (20/3/2020), sebuah masjid berlokasi di Jalan Sisingamangaraja melalui pengeras suara menyampaikan pengumuman atas penyelenggaraan sholat Jumat, lantas Masjid Wiworojati dan Masjid Margoyuwono di bilangan Njeron Beteng, Kraton, Yogyakarta.

Sementara itu H. Priyo Katon, Karyawan UST di sebuah grup Whats App (WA) menjelaskan, bahwa Masjid Al Ittihad, Jalan Wonosari, Banguntapan, Kabupaten Bantul juga menggelar sholat Jumat berjamaah. “Setiap jamaah yang akan sholat Jumat dan setelah sholat tangannya disemprot dengan hand sanitizer. Dan waktu ceramah khotbah serta sholat waktunya cukup 15 menit tidak seperti biasanya,” ungkap Priyo.

Beberapa jamaah Masjid Wiworojati sedang menantikan khotbah Sholat Jumat. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Hal yang sama juga dilakukan oleh masjid-masjid yang menyelenggarakan sholat Jumat berjamaah seperti Masjid Wiworojati, Jalan Suryoputran, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Para takmir/ pengurus masjid selain, sebelumnya telah melaksanakan imbauan Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia, tanggal 2 Maret 2020, untuk melakukan sanitasi siaga bagi masjid dan mushala berkenaan dengan dampak wabah virus Corona (Covid-19).

Juga memberikan pengarahan serta sosialisasi jamaahnya, antara lain, membawa alas atau sajadah sendiri, berwudu dari rumah, disarankan untuk tidak bersalaman, bagi yang badannya merasa tidak sehat disarankan untuk sholat di rumah. Jamaah datang sebelum adzan sholat Jumat dikumandangkan agar jarak duduk atau shaf diatur sedemikian rupa, serta disediakan tempat untuk cuci tangan dan hands sanitizer.

Susana pintu Masjid Margoyuwono saat menggelar Sholat Jumat Berjamaah, Jumat (20/3/2020), disediakan prasarana untuk cuci tangan. (Tedy Kartyadi/ Bernsnews.com)

Ketua Takmir Masjid Wiworojati, Ir. Suhardono, mengungkapkan, selain telah melaksanakan imbauan dari Dewan Masjid Indonesia untuk melakukan sanitasi di lingkungan masjid, juga selalu mengingatkan jamaah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan.

“Kami berani menyelenggarakan sholat Jumat karena kondisi wilayah masjid Wiworojati dianggap masih kondusif. Sebagai antisipasi akhir-akhir ini, takmir melakukan penyemprotan dan pengepelan sehari 2-3 kali memakai disinfectant,” terang Suhardono. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here