Home News Merti Kali Mengajak Masyarakat Merawat Sumber Air

Merti Kali Mengajak Masyarakat Merawat Sumber Air

1005
0
Gunungan hasil bumi mulai diarak dari Pedukuhan Pucanganom menuju jembatan perbatasan Pedukuhan Sempu dalam Gelar Merti Kali 2020, Kamis (17/9/2020) sore. Foto: AG Irawan)

BERNASNEWS.COM – Ratusan warga Pedukuhan Pucanganom dan Pedukuhan Sempu, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman menggelar acara bertajuk Kirab Budaya Merti Kali ke-2 tahun 2020. Pada perbatasan kedua pedukuhan tersebut mengalir Sungai Dolo. Di ujung sungai terdapat mata air yang terus hidup dengan air yang jernih. Dulu masyarakat menamakan lokasi tersebut dengan sebutan Belik Sukun.

Berlatar keberadaan mata air dari Belik Sukun warga kedua pedukuhan terus berupaya merawat dan melestarikan keberadaan mata air itu. Dengan mengusung tema Ikut Menjaga Kelestarian Sungai yang Selaras dengan Kehidupan Alam Semesta dan Menumbuhkan Nilai-nilai Tradisi Budaya Lokal, mengajak seluruh elemen masyarakat lintas generasi mau peduli dan melibatkan diri melestarikan lingkungan.

Puluhan bergodo Pedukuhan Pucanganom dan Pedukuhan Sempu mengikuti prosesi Merti Kali 2020, Kamis (17/9/2020) sore. ( Foto: AG Irawan)

Prosesi Merti Kali diawali dari halaman Pedukuhan Pucanganom. Puluhan bergodo desa mengarak gunungan yang berisi hasil bumi pertanian dan perkebunan setempat. Diiringi bunyi drumband khas prajurit kraton, arak-arakan berbaris menuju jembatan sungai Dolo. Dari seberamg sungai, bergodo dan prajurit Pedukuhan Sempu bersiap menyambut tumpeng dan gunungan untuk selanjutnya dibawa keliling pedukuhan Sempu. Hingga berakhir di sendang atau Belik Sukun. Gunungan pun diistirahatkan di tengah sungai untuk didoakan lintas iman secara bergantian.

Menurut Ketua Panitia Merti Kali Sri Rejeki, kirab budaya merupakan sarana mengenalkan masyarakat akan potensi alam yang mampu mendukung kelangsungan kehidupan. “Mata air, sungai serta lingkungan harus terus kita jaga,” kata dia.

Gunungan dalam Kirab Merti Kali, diistirahatkan di tengah sungai Dolo, Pucanganom, Wedomatani, Ngemplak, Sleman, Kamis (17/9/2020) sore. Foto: AG Irawan

Sementara Wakil Bupati Sleman Hj Sri Muslimatun yang hadir dalam acara, berkesempatan menyapa warga tengah bersyukur dalam bentuk makan bersama di pinggir Sungai Dolo. “Saya senang warga kian peduli dengan lingkungan, khususnya terlibat dalam menjaga dan merawat sungai dan mata air,” ungkapnya.

Sejumlah masyarakat pun mengapresiasi adanya acara budaya ini. “Ini acara yang bagus. Banyak masyarakat terlibat dalam memelihara lingkungan dengan mengangkat lokalitas setempat,” kata warga Wedomartani Bibit Widayoko.

Warga lintas generasi dan lintas usia mengikuti acara Merti Kali, di Pedukuhan Pucanganom-Sempu, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Kamis (17/9/2020) sore. Foto:AG Irawan

Gelaran Budaya Merti Kali diakhiri dengan penanaman bibit pohon sukun dan bibit pohon-pohon konservasi seperti pohon pule oleh wakil Bupati, diikuti sejumlah tokoh masyarakat. Sedang warga yang yang lain ada yang mulai berebut beragam sayuran dan buah di gunungan. Ada pula yang menikmati hidangan makan bersama di pinggir sungai sebagai ungkapan syukur atas karunia lingkungan yang masih lestari. (AG Irawan )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here